Lokasi dan Harga Tiket Wisata Air Terjun Tlogo Muncar

Selain dikenal sebagai kota budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata alam mulai dari pantai, gua, bukit hingga air terjun. Wisata alam tersebut juga belum banyak mengalami perubahan sehingga keaslian dan keasriannya masih terjaga. Termasuk juga Air Terjun Tlogo Muncar yang dekat dengan lava tour merapi.

Udara yang ada di sekitar air terjun ini terasa sejuk karena berada di ketinggian sekitar 878 dibawah permukaan laut. Air Terjun Tlogo Muncar ini tingginya mencari 30-40 meter.

Lokasi

Lokasi menuju air terjun ini mudah ditemukan dan dijangkau dengan kendaraan. Akses jalannya juga tidak sulit dan layak untuk dilewati.

Jika ingin menuju ke lokasi Air Terjun Tlogo Muncar yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, kamu harus menuju ke Pakem Kabupaten Sleman, tepatnya ada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun.

Meskipun air terjun ini masih asri, namun rute yang dilewatinya tidaklah terlalu sulit. Meskipun begitu kita tetap harus berhati-hati karena ada sebagian jalanan yang menanjak.

Rute Perjalanan

Jika kamu berangkat dari pusat kota Yogyakarta maka harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh yaitu 29,3 kilometer menuju ke Lokasi Air Terjun Tlogo Muncar.

Perjalanan tersebut juga akan memakan waktu tempuh kendaraan sekitar 1 jam 3 menit.

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi air terjun ini juga tak perlu khawatir karena akses jalannya mudah dijangkau baik dengan memakai mobil maupun kendaraan roda dua.

Untuk rutenya, kamu arahkan kendaraan ke barat yang akan menuju Jl KH Ahmad Dahlan. Apabila sudah sampai di perempatan maka ambil arah ke utara sampai menuju Jl Letjend Suprapto.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan lurus sampai melewati bundaran. Kemudian dari bundaran, kamu bisa ambil arah yang akan menuju Jl Tentara Pelajar lurus terus hingga sampai di perempatan.

Setelah itu belok ke timur yang akan menuju Jl Gigo Gatu. Apabila sudah sampai diperempatan maka langsung ambil arah utara yang menuju ke jl Griya Taman Sari.

Perjalanan dari Jl Jogja-Turi luru sampai perempatan kemudian ambil yang akan menuju Jl Turi. Jika sudah menemukan perempatan ambil saja arah yang ke utara hingga menuju jl Boyonh.

Dari jalan itu ikuti saja sampai kamu menemukan lokasi Air Terjun Tlogo Muncar ini.

Harga Tiket

Kemudian untuk harga tiket jika ingin masuk ke lokasi air terjun ini tergolong masih standar. Kamu hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8000 per orang.

Lalu untuk biaya parkir kendaraan roda dua yaitu Rp 2000 untuk kendaran roda dua sedangkan untuk parkir mobil membayar RP 5000.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata Air Terjun Tlogo Muncar cukup memadai. Hal ini juga membuat para wisatawan merasa nyaman. Adapun fasilitas yang ada yaitu :

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Gazebo yanag bisa digunakan sebagai tempat istirahat bagi wisatawan
  • Warung makan dan minum
  • Penginapan

Spot Wisata di Air Terjun Tlogo Muncar

Saat kamu mengunjungi air terjun ini, ternyata banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan dan pastinya juga seru. Diantaranya yaitu dengan menikmati pemandangan alam yang indah.

Jadi jika kamu merasa jenuh dengan pekerjaan ataupun sekedar ingin melepas lelah dari rutinitas yang ada maka kamu bisa merelaksasikan di tempat ini.

Airnya yang jernih dan segar membuat pengunjung betah berlama-lama. Dan bagi yang menyukai momen berfoto, air terjun ini juga memiliki banyak spot foto menarik dan instagenic.