Apa Itu Tenses Dalam Bahasa Inggris?

Pastinya ketika mempelajari bahasa Inggris akan dihadapkan dengan namanya grammar. Di mana salah satu contohnya yakin tenses. Tenses sendiri merupakan sebuah bentuk perubahan kata kerja berdasarkan keterangan waktu dan sifat kejadian.

Macam- Macam Tenses Dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya tenses dibagi menjadi empat macam yakin present, past, future dan past future. Nantinya keempat itu akan dibagi lagi menjadi 16 tenses. Namun dari ke-16 itu tidak semuanya digunakan dalam percakapan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini hingga selesai.

  1. Simple Present Tenses

Simple present merupakan sebuah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang berlangsung secara berulang kali. Misalnya seperti kebiasaan, kegiatan sehari-hari dan hobi. Di samping itu kata kerja ini juga dipakai ketika membicarakan sebuah fakta. Contohnya Open the door!, do you like Paris?, The train arrived at 8,00.

Rumus simple present tenses = S + V1 (+es/s)

  1. Present Perfect Tenses

Perlu diketahui bahwa present perfect tenses ini memiliki fungsi untuk menyatakan sesuatu yang sudah terjadi atau telah selesai ketika berbicara. Umumnya ciri-ciri pada kata kerja ini menggunakan keterangan waktu seperti since, for already, all the dan just. Misalnya Budi has already read the entire book, I have known her for many years.

Rumus perfect tenses= S + have/ has + V3

  1. Present Continuous Tenses

Pada dasarnya kata kerja ini digunakan untuk menyatakan sebuah kegiatan yang sedang berlangsung sekarang atau sekitar waktu pembicaraan. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa memanfaatkan tenses ini untuk aktivitas yang akan terjadi dan kata keterangan wajib untuk disebutkan. Misalnya we are constantly fighting, Fina is drinking tea now.

Rumus present continuous tenses = S + to be ( is,are,am) + V-ing

  1. Past Continuous Tenses

Past continuous tenses memiliki fungsi untuk menceritakan kegiatan yang sedang terjadi di masa lampau. Bukan hanya itu saja tenses ini juga dapat digunakan untuk menceritakan dua peristiwa yang sedang terjadi di masa lampau. Jadi ada satu aktivitas dibarengi dengan kegiatan lainnya. Contohnya He was watching an American TV show at 10. Pm. Last night.

Rumus past continuous tenses = S+ To Be (Was, Where) + Verb ing.

  1. Simple Past Tenses

Kata kerja ini berfungsi untuk menceritakan suatu kejadian, menyatakan fakta, kebiasaan dan situasi yang terjadi di masa lampau. Ciri dari tenses ini menggunakan kata kerja bentuk kedua. Sedangkan untuk kata keterangan waktu yang bisa digunakan dalam simple past yaitu yesterday, today ago dan lain-lain. Contohnya they did not call their Friends yesterday.

Rumus simple past tenses = Subjek + Verb 2 (Past From).

  1. Past Perfect Tenses

Past perfect  berfungsi untuk menyatakan peristiwa yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Umumnya tenses ini lebih menaruh penekanan pada fakta bahwa sesuatu sudah terjadi dan bukan pada durasi lagi. Contohnya The girl had not tried before her father came, Hard the boy cried before her mother came?.

Rumus past perfect tenses = Subject + Had Plus Verb 3 ( Past Participle Form).

  1. Simple Future Tenses

Fungsi utama dari simple future tenses yakin untuk menceritakan sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa akan datang. Bukan hanya itu saja kata kerja ini juga bisa digunakan untuk menceritakan keputusan di masa depan yang spontan berhubungan dengan waktu akan datang. Contohnya she will come to the cinema tomorrow.

Rumus simple future tenses = Subject + Will/Be Going To +Verb 1( Present From).

  1. Past Future Perfect Continuous Tenses

Perubahan kata kerja ini digunakan untuk menjelaskan tentang suatu kegiatan yang akan, sedang dan telah dilakukan di masa lalu. Cirinya terdapat lebih dari satu keterangan waktu dalam tenses ini. Perlu diingat bahwa past future perfect continuous ini berbentuk asumsi atau pegadaian belaka. Contohnya I would have been working in leading companies for six years.

Rumus past future perfect continuous tenses = Subjek + Would + Have Been +Verb ing.

  1. Past Future Perfect Tenses

Tensi satu ini berfungsi untuk menunjukkan sebuah aktivitas yang seharusnya telah selesai di masa lalu. Namun Sama halnya dengan past future continuous tense dimana kegiatan itu tidak terselesaikan dikarenakan satu dan lain hal yang terjadi di masa lampau. Contohnya Amira would have finished her homework if she hadn’t gone shopping.

Rumus past future fake tenses = Subject + Would + Have + Verb 3

  1. Past Future Continuous Tenses

Biasanya past future continuous tense digunakan untuk menunjukkan sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa lalu. Namun peristiwa yang ada di dalam cerita itu tidak dapat menjadi nyata dikarenakan satu dan lain hal yang terjadi di masa lampau. Misalnya I would be studinya at your house yesterday, but I didn’t because I got sick”.

Rumus past future continuous tenses = Subject + Would + Be + Verb + ing.

  1. Simple Past Future Tenses

Perubahan kata kerja ini berfungsi untuk membentuk kalimat tentang sesuatu yang akan terjadi di hari kemudian dilihat dari sudut pandang masa lalu. Dengan kata lain dimanfaatkan untuk menyatakan tindakan yang akan dilakukan atau membuat prediksi hingga janji di masa depan pada saat berada di masa lalu. Contohnya He would forgive you.

Rumus simple past future tenses = Subject + Would + Bare Infinitive.

Atau

Subject + Was/Were + Going to+ Bare Infinitive.

  1. Future Perfect Tenses

Tenses ini memiliki fungsi untuk mengungkapkan bahwa suatu aksi yang akan dilakukan dan diselesaikan pada waktu tertentu di masa depan. Sedangkan cirinya yaitu pengaplikasiannya menggunakan bentuk kata untuk menunjukkan kehendak seseorang yang berhubungan dengan masa depan. Misalnya I will have finished my homework by tomorrow.

Rumus Future perfect tenses = Subjek + Will Have + Verb 3( Past Participle Form).

  1. Future Perfect Continuous Tenses

Future perfect continuous tense memiliki fungsi untuk mengungkapkan suatu gambaran aksi yang akan berlanjut sampai titik waktu tertentu di masa yang akan datang. Dalam hal ini misi itu bisa saja dimulai pada masa lalu, sekarang atau yang akan datang. Di samping itu akan diperkirakan dapat berlanjut. Contohnya in December, I will have been working at my company for two year.

Rumus future perfect continuous tenses = Subject + Will Have + Been + Verb-ing.

  1. Past Perfect Continuous Tenses

Perubahan kata kerja ini berfungsi untuk menceritakan suatu kejadian di masa lalu namun sudah selesai pada titik tertentu pada waktu dulu. Tense ini lebih menaruh penekanan pada durasi terjadinya sebuah peristiwa. Contohnya She had not been studying math all day atau jika dalam bentuk kalimat pertanyaan yaitu had she been studying math all day?.

Rumus past perfect continuous tenses = Subject + Had + Been + Verb-ing (Continuous Form).

  1. Present Perfect Continuous Tenses

Tensi ini berfungsi untuk menunjukkan sebuah aksi yang telah selesai dilakukan  pada sebuah titik di masa lalu namun masih berlanjut hingga sekarang. Daripada bingung langsung saja contohnya yaitu I have been thinking about it.

Rumus persen perfect continuous tenses = Subject + Have/Has + Been + Verb ing (Continuous From)

  1. Future Continuous Tenses

Perubahan kata kerja ini memiliki fungsi untuk menceritakan sebuah peristiwa yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Umumnya tensei ini digunakan untuk menceritakan sesuatu yang pasti terjadi di masa depan. Contohnya Doni will be playing basketball in the playground tomorrow morning.

Rumus future continuous tenses = Subject + Will be +Verb ing (Continuous From).

Apa Itu Analytical Exposition?

Analytical Exposition merupakan salah satu jenis teks yang berfungsi untuk menjelaskan secara rinci pendapat penulis terhadap fenomena yang terjadi tanpa bermaksud mempengaruhi pembaca agar setuju atau mau melakukan sesuatu.

Dimana tujuan utama dari Analytical Exposition yaitu memberi keyakinan kepada pembaca bahwa topik yang sedang dibahas memang penting untuk kemudian bisa dijadikan bahan diskusi bersama. Oleh karena itu terkadang penulis menambahkan pernyataan di akhir tulisan.

Untuk strukturnya sendiri terdiri dari tiga. Pertama tenses  merupakan topik utama yang ingin diutarakan penulis. Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama. Pada tenses ini anda bisa menulis berbagai alasan yang melatarbelakangi terjadinya permasalahan.

Kedua yaitu arguments adalah bagian di mana seorang penulis akan dengan leluasa mengekspresikan pendapatnya mengenai topik yang sedang dibahas. Umumnya dalam sebuah teks Analytical Exposition akan memiliki lebih dari satu pendapat.

Hal itu bertujuan agar lebih meyakinkan para pembacanya bahwa topik yang sedang ditulis Itu amatlah penting sehingga perlu ditilik lebih lanjut. Di dalam membuat argumen ini pastikan nyambung dengan paragraf sebelumnya atau bagian tensis.

Perlu diketahui bahwa dalam penulisan argumen pada teks Analytical Exposition hindari penulisan opini yang terlalu luas. Hal itu dikarenakan bisa membuat pendapat melenceng dari topik yang dibahas sebelumnya.

Struktur terakhir yang ada dalam Analytical Exposition yaitu Reiteration. Di mana pada bagian itu berisi mengenai penegasan kembali pendapat seorang penulis terhadap topik utama. Bukan hanya itu saja paragraf ini juga berisi kesimpulan dari argumen yang telah ditulis.

Tentunya hal itu bertujuan agar mempermudah para pembaca dalam memahami isi dari topik yang sedang ditulis. Biasanya di dalam teks Analytical Exposition seorang penulis akan menambahkan pertanyaan seperti “ what do you think about this topic”.

Di mana dalam bahasa Indonesia memiliki arti Apa pendapat anda tentang topik itu?. Di samping itu teks ini memiliki ciri-ciri membahas fakta atau hal yang terjadi di masa kini. Bagi yang masih bingung bisa mencari contoh Analytical Exposition dalam bahasa Inggris di internet.

Itulah 16 tenses yang paling sering digunakan beserta contohnya. Tentunya dengan memiliki skill bahasa Inggris yang baik baik dari segi conversation , grammar hingga menulis akan mempermudah berkomunikasi dengan orang lain terutama yang berasal dari luar negeri. Selain itu juga mempermudah diri untuk mempelajari bahasa-bahasa lainnya. Karena ketika sudah paham bahasa Inggris maka bahasa lainnya akan terasa mengalir sendiri. Dengan begitu terkesan lebih mudah dalam pemahamannya.