Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud, Terapkan Agar Doa Terkabul!

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sholat yang paling utama setelah sholat wajib ialah qiyamul lail atau sholat tahajud. Keutamaannya banyak disebut dalam Al Qur’an dan juga hadits Nabi. Sehingga sangat sayang sekali jika seorang Muslim tidak mengetahui tata cara dan niat sholat tahajud. Oleh sebab itu, simak yuk ulasan berikut.

Tata Cara Sholat Qiyamul Lail

  1. Niat

Setelah berwudhu layaknya anda bersiap untuk sholat seperti biasanya, sholat qiyamul lail dimulai dengan niat. Niatnya yaitu “Ushalli sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.” Artinya “Aku berniat sholat sunnah tahajud 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Rakaat Pertama

Rakaat pertama sholat tahajud sebenarnya sama saja dengan sholat sunnah pada umumnya. Yaitu mengucapkan takbir setelah membaca niat, dilanjutkan dengan membaca doa Iftitah, surah Al Fatihah, dan salah satu surah dalam Al Qur’an. Kemudian ruku’, i’tidal, sujud pertama, duduk di antara 2 sujud, sujud kedua, dan melanjutkan ke rakaat kedua.

  1. Rakaat Kedua

Rakaat kedua sholat tahajud juga sama seperti sholat sunnah lainnya. Dengan membaca surah Al Fatihah dan dilanjutkan salah satu surah dalam Al Qur’an. Kemudian ruku, i’tidal, sujud pertama, duduk di antara 2 sujud, sujud kedua, tahiyat akhir, dan diakhiri dengan gerakan salam.

Itu dia niat dan tata cara sholat tahajud, yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari sholat sunnah lainnya. Hanya saja, sholat tahajud dilakukan pada waktu sepertiga malam terakhir, yakni pukul 01.00 dini hari sampai memasuki waktu subuh. Barang siapa yang mengamalkannya maka doanya akan terkabul, hidupnya dijauhkan dari kesulitan, kesengsaraan, dan kesukaran.