Apa Yang Dimaksud Dengan Rumah Minimalis?

Desain rumah minimalis menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mengapa desain rumah minimalis begitu populer? Dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan rumah minimalis? Mari kita bahas bersama dalam artikel di bawah ini untuk dapatkan jawabannya tentang rumah minimalis.

Apa itu Rumah Minimalis?

Minimalis memiliki arti sesederhana mungkin. Karena itu rumah minimalis adalah rumah yang memiliki kesederhanaan yang tercermin dalam struktur bangunan rumah baik dalam pemanfaatan ruang, pemanfaatan lahan, penggunaan bahan untuk membangun rumah dan firniture yang ada didalam rumah tersebut juga sederhan.

Gaya minimalis awalnya bukan berasal dari dunia arsitektur, melainkan berasal dari seni, seperti lukisan, musik, fotografi, grafis, fashion dan lainnya. Dan gaya desain rumah minimalis awalnya berasal dari Jepang. Sehingga gaya desain rumah minimalis ini berasal dari arsitektur dari bangunan klasik yang sederhana dan diaplikasikan ke bangunan modern.

Sebenarnya berdasarkan sejarah pastinya, rumah minimalis awalnya tidak begitu jelas dari mana awalnya. Tetapi desain rumah minimalis dalam dunia arsitektur pertama kali dipopulerkan oleh arsitek yang berasal dari Jerman yaitu Ludwig Mies van der Rohe (1886-1969).

Ludwig Mies van der Rohe dianggap sebagai bapak arsitektur modern yang mempopulerkan gaya desain rumah minimalis.

Ciri-ciri Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis mempunyai fitur yang cukup mengesankan, sehingga membantu desain ini menjadi populer di masyarakat di Indonesia terutama untuk membangun rumah dan bangunan komersial. Untuk memahami lebih jelas tentang rumah minimalis, berikut in adalah ciri-cirinya :

1. Menghemat lahan

Saat ini tanah di daerah perkotaan semakin berkurang, karena jumlah penduduk setiap tahunnya terus meningkat. Karena keterbatasan lahan ini, membuat rumah minimalis menjadi pilihan yang tepat. Dengan luas tanah yang terbatas, kita tetap bisa membangun sebuah rumah impian yang indah.

Selain itu, desain rumah minimalis juga membuat penyerdehanaan yang menyeluruh di setiap detail dan material. Sehingga membuat setiap ruangan rumah dibangun benar-benar terlihat lapang walaupun dibangun di lahan yang terbatas.

2. Memiliki Desain Ramping

Berbeda dengan rumah mewah atau rumah klasik jaman dahulu, umumnya kedua desain tersebut pastinya akan membuat desain yang melebar. Sedangkan untuk desain rumah minimalis, memiliki ciri khas desain ramping.

Dengan rumah yang dibangun di lahan yang terbatas, rumah minimalis biasanya akan dibangun dengan bangunan tinggi 2 sampai 3 lantai. Hal ini dibuat agar rumah memiliki ruangan yang lengkap dan ruangan yang lebih lapang.

Rumah minimalis umumnya terdiri dari ruang tamu sebagai ruang utama, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

3. Meningkatkan Seni Arsitektur Rumah Melalui Pencahayaan

Desain rumah minimalis, selain akan menyederhanakan material, struktur dan ruang. Biasanya memiliki ciri khas dengan memanfaatkan sumber cahaya dengan maksimal.

Dengan cahaya alami maka akan membuat setiap ruangan di dalam rumah lebih hidup dan terkesan lebih lapang. Selain itu cahaya alami juga akan membuat rumah terlihat lebih mengesankan dengan skema warna yang berkesinambungan dan mengesankan.

Krena pencahayaan merupakan ciri khas yang harus dimiliki rumah minimalis, pastikan saat membangun rumah minimalis kamu meminta bantuan arsitek untuk menggambarkan desain interior rumah dengan tepat.

Jadi itulah tadi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian rumah minimalis dan ciri-ciri rumah minimalis. Sehingga sekarang kamu sudah tidak bingung lagi membedakan gaya desain rumah minimalis dengan gaya desain lainnya. Jika kamu ingin membangun rumah kamu bisa minta bantuan jasa desain rumah untuk bisa membuatkan rumah impianmu dengan lebih baik.