4 Rekomendasi Alat Musik Elektronik yang Mudah Dimainkan

Dalam kehidupan modern saat ini, orang sering disibukkan dengan pekerjaan dan aktivitas sehari-harinya. Untuk mengurangi stres, penat karena pekerjaan, orang sering melakukan olahraga, bermain game, dan bermain musik. Saat ini, kita sering melihat anak muda bermain gitar di taman, jalan-jalan, dan tempat lainnya. Selain itu, terdapat juga banyak alat musik elektronik yang modern yang banyak digunakan saat ini. Dan untuk kamu yang berniat ingin belajar menggunakan alat musik modern, berikut ini ada beberapa rekomendasi alat musik elektronik modern yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba!

Rekomendasi Alat Musik Elektronik Yang Populer Saat Ini

Didapatkan referensi dari ceklist.id, berikut ini ada beberapa rekomendasi alat musik elektronik yang populer saat ini yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan saat bermusik :

Piano

Piano merupakan salah satu rekomendasi alat musik elektronik paling populer saat ini. Piano terdiri dari alat dari palu perkusi dan senar. Suara piano yang merdu, mendalam, sangat mudah masuk ke dalam hati seseorang.

Piano dianggap sebagai disiplin ilmu ketika pemain piano harus menggunakan semua 10 jari dari 2 tangan untuk memainkan piano. Alat musik satu ini akan membantu pemain mengembangkan kapasitas otak kiri dan otak kanan. Begitu banyak orang tua dan anak muda memilih Piano untuk dipelajari ketika ingin bermusik.

Alat musik Piano saat ini dibagi menjadi dua jenis yaitu piano akustik dan piano elektrik. Piano Akustik adalah piano yang strukturnya terdiri dari 6 bagian: mekanisme, senar, papan resonansi, casing, bingkai, dan pedal. Sedangkan piano digital sering disebut sebagai Piano Digital, piano jenis ini ukurannya relatif kecil dan ringan. Suara dihasilkan berasal dari sirkuit elektronik, tidak dibutuhkan penyetelan dan titinada instrumen bisa disesuaikan dengan mudah. Harga piano digital juga lebih murah dibandingkan piano akustik.

Organ (instrumen keyboard elektronik)

Organ juga dikenal sebagai instrumen keyboard elektronik dan mekanisme penggunaan dan struktur alat musik ini mirip dengan piano elektrik serta mempunyai panel kontrol tambahan dibagian atasnya. Oragan atau keyboard terdiri dari 61 tuts dan untuk menghidupkannya membutuhakan baterai atau listrik.

Alat musik Organ mempunyai tampilan yang sangat rapi dan desainnya cukup ringan sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan lebih mudah. Cara memainkan organ/keyboard mirip dengan piano, namun sudah dilengkapi fungsi instrumen musik lainnya, sehingga alat musik ini menjadi rekomendasi alat musik elektronik terbaik dan banyak digunakan saat ini.

Gitar

Gitar merupakan instrumen musik yang mempunyai sejarah lebih dari 500 tahun yang dilengkapi dengan 6 senar. Gitar umumnya dari kayu dan senar nilon atau logam. Alat musik ini merupakan instrumen yang mudah digunakan dalam pertunjukan, konser, pengiring nyanyian, dan lainnya. Alat musik ini merupakan instrumen yang sangat populer, dan telah dipelajari oleh kaum muda, terutama sering dimainkan oleh pelajar.

Saat ini ada dua jenis gitar yaitu Gitar Klasik Akustik dan Gitar Akustik elektrik dan harganya juga berbeda-beda berdasarkan merek dan kualitas gitarnya.

Ukulele

Ukulele merupakan rekomendasi alat musik elektronik yang berasal dari Hawaii pada abad ke-19. Alat musik ini masih keluarga Gitar, yang membedakan alat ukulele mempunyai 4 senar. Instrumen ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, berikuran kompak, mudah untuk dimainkan, dan desainnya beragam.

Sama seperti gitar, ukulele juga ada ukulele akustik klasik dan ada juga ukulele akustik elektrik. Harga ukulele juga lebih murah dibandingkan harga gitar.