Serunya Main Petak Umpet, Yuk Lihat Cara Bermainnya

Siapa yang tidak pernah memainkan petak umpet. Permainan anak anak ini sangat populer dimainkan hingga saat ini. Permainan ini ternyata punya manfaat yang baik lho untuk perkembangan otak si kecil. Ingin mengajarkan anak anak main permainan satu ini? Yuk ketahui dulu bagaimana aturannya disini.

3 Langkah Bermain Petak Umpet

  1. Menentukan posisi

Sebelum bermain, langkah pertama adalah dengan menentukan posisi pemain. Permainan petak umpet ini akan dilakukan oleh beberapa anak sekaligus. Sehingga dari beberapa anak tersebut kemudian akan ditentukan salah satu yang akan berjaga. Cara menentukannya biasanya dilakukan dengan melakukan suit atau hompimpa.

  1. Menentukan benteng

Langkah berikutnya untuk bermain petak umpet adalah dengan menentukan posisi benteng. Posisi benteng ini akan dijaga oleh satu orang anak. Saat berjaga, si anak tersebut akan berhitung dengan angka sesuai kesepakatan. Selama si anak berjaga, maka anak anak yang lainnya akan mencari tempat persembunyian sampai hitungan terakhir.

  1. Mulai mencari dan berlomba menjangkau benteng

Permainan ini kemudian akan masuk ke langkah paling seru yaitu setelah angka yang dihitung habis, maka anak penjaga benteng akan mulai mencari anak anak lainnya yang bersembunyi. Tugas anak anak lainnya disini adalah bersembunyi dan mencari celah saat benteng tidak terjaga dan berlari untuk meraih benteng lebih dulu dari penjaganya. Seru bukan?