Fakta Menarik tentang Minuman Boba

Saat ini, ada banyak jenis minuman yang banyak dijumpai di beragam kafe dan restoran. Banyak juga kios serta pengusaha makanan yang mengembangkan produk minuman yang menarik serta enak. Dari banyaknya trend yang ada belakangan ini, rasanya minuman boba adalah salah satu ha yang cukup banyak digemari. Minuman kekinian yang satu ini sudah cukup populer sejak beberapa waktu belakangan ini tapi ternyata trend yang ada ini bertahan cukup lama, bahkan sampai saat ini. Minuman boba memberikan suatu hal yang menarik, dan tentu daya tariknya ada pada kehadiran boba itu sendiri. Walau sudah banyak diketahui oleh orang-orang, tidak ada salahnya bila anda mengetahui beberapa fakta menarik tentang boba ini.

Asal-Usul Minuman Boba

ย Trend dari minuman boba ini ada sejak beberapa waktu yang lalu. Minuman ini terlihat cukup menarik karena adanya boba di dalamnya. Boba ini adalah suatu bola-bola kenyal yang ditambahkan di dalam minuman. Banyak orang yang beranggapan bahwa boba ini merupakan sebutan lain untuk bubble. Ada juga yang menyamakan bola-bola itu sebagai pearl sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai pearl tea atau bubble tea. Padahal, itu tidak demikian. Bola-bola kenyal itu terbuat dari tepung tapioka dan tidak seperti bubble sama sekali yang identik dengan bentuk transparan dengan isian yang tidak padaat. Sedangkan, boba itu adalah bulatan padat dari bahan utama tepung tapioka itu. Lalu, nama boba sebenarnya adalah perpaduan dari kata bubble besar. Sedangkan, ketika minuman boba ini disebut sebagai bubble tea bukan karena bobanya, tapi karena busa atau buih yang muncul ketika minumannya dikocok.

Lalu, banyak orang beranggapan bahwa minuman boba ini hanya muncul baru-baru saja. Trend yang ada memang baru dikenal belum lama ini sehingga tidak sepenuhya salah kalau orang beranggapan bahwa minuman boba memang belum ada sejak lama. Kenyataannya, minuman boba ini sudah ditemukan sejak sangat lama. Minuman ini berasal dari Taiwan dan diperkenalkan pertama kali pada masa tahun 1980-an. Itu berarti sudah lebih dari tiga puluh tahun yang lalu. Cukup mengherankan bila kemudian produk minuman boba baru banyak dikenal sekarang ini. Pelopor minuman boba ini adalah Chun Shui Tang dna juga Hanlin Tea. Awalnya, minuman boba atau bobanya sendiri banyak dijumpai pada produk minuman teh. Namun, sekarang produknya sudah banyak dikembangkan sehingga tidak sebatas pada teh saja.

Fakta Menarik Lainnya tentang Minuman Boba

ย Minuman boba banyak memiliki banyak sebutan. Kalau dari asal usul katanya, boba sendiri ditemukan di Hongkong dan itu berarti mutiara. Karena itu, minuman boba yang awalnya banyak dikenal dalam bentuk teh ini pun biasa disebut juga pearl tea. Bubble tea pun banyak juga muncul sebagai sebutannya walau dari asal usulnya, bubble itu bukan merujuk pada bobanya tapi pada buih yang muncul saat minuman boba digoyangkan atua dikocok. Lalu, tentu saja ada sebutan boba tea dan ini yang cukup populer di Indonesia. Tapioca tea pun menjadi nama lainnya. ini merujuk pada bahan utama dalam pembuatan boba itu, yaitu tepung tapioka.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, awal mulanya minuman boba ini banyak dijumpai dalam bentuk minuman teh. Secara khusus, the yang digunakan adalah teh hitam dan teh hijau. Teh hijau ini biasa juga disebut sebagai matcha tea. Seiring berjalannya waktu, boba tidak hanya ditemukan dalam teh dan variasinya semakin banyak. Ada boba milk tea hingga minuman boba dengan rasa cappuccino, hazelnut, caramel, serta tentu saja teh dengan tambahan gula merah yang sangat manis serta lezat. Untuk warna bobanya, di awal kemunculannya, boba dibuat dengan warna hitam dan putih. Ini diuat demikian untuk menunjukkan elemen ying dan yang dalam suatu tradisi China. Namun, sekarang yang lebih banyak dijumpai adalah boba dengan warna gelap. Banyak juga boba dengan nuansa warna kecoklatan karena pembuatannya melibatkan penggunaan gula merah.