Mengenal Beberapa Penyebab Sesak di Dada

Rasa sakit dan sesak yang ada di dada menjadi salah satu tanda bahwa ada gangguan kesehatan yang sedang terjadi. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi masyarakat untuk bisa mengetahui apa saja penyebab rasa sakit yang terjadi di dada sehingga mereka bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin. Salah satu penyebab rasa sesak dan sakit di dada adalah gangguan kecemasan yang sudah mempengaruhi kondisi fisik. Selain rasa sakit di dada, gangguan kecemasan juga bisa menyebabkan napas cepat, jantung berdebar, dan ketegangan otot.

Rasa sakit yang ada di dada juga bisa disebabkan oleh GERD atau penyakit refluks asam lambung. Penyakit ini menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Sehingga, dada akan terasa sakit dan sesak. Selain itu, penderita juga bisa mengalami sensasi terbakar maupun kesulitan menelan. Penyebab rasa sakit di dada yang lain adalah gangguan kesehatan angina yang disebabkan oleh tidak tercukupinya pasokan darah pada otot jantung. Sehingga, penderita akan merasa sesak dan nyeri di dada.

Rasa sesak dan di dada juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit pneumotoraks. Penyakit ini terjadi akibat gagalnya fungsi paru – paru. Hal ini menyebabkan terjadinya kebocoran udara hingga dada menjadi sakit. Selain itu, rasa sakit yang terjadi pada dada juga bisa disebabkan oleh trauma akibat benturan pada dada. Oleh karena itu, penderita yang mengalami sesak dan sakit di dada bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan.