Menambah Pahala, Berikut Amalan Hari Jumat yang Bisa Dikerjakan

Meskipun setiap hari adalah hari yang baik, tetapi bagi umat Muslim hari Jumat termasuk yang spesial. Selain menjadi hari yang baik, Jumat juga menjadi momen ibadah wajib yang secara rutin dilakukan yaitu sholat Jumat. Selain sholat Jumat, ada juga amalan hari Jumat yang bisa dikerjakan.

Amalan yang Baik Dikerjakan Pada Hari Jumat

  1. Membaca Surah Al-Kahfi

Amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala yakni membaca Surah Al Kahfi. Pada sebuah hadist disebutkan, siapa yang membaca suar Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan dipancarkan cahaya diantara dua Jumat.

  1. Memperbanyak Shalawat

Tidak hanya membaca surah Al-Kahfi, amalan yang juga akan melipatgandakan pahala adalah banyak membaca Shalawat. Rasulullah SAW menjanjikan posisi dekat dengan Rasulullah ketika kiamat, bagi mereka yang bershalawat pada hari Jumat.

  1. Sedekah dan Membaca Al-Quran

Jika kaum adam sholat Jumat, maka kaum hawa bisaย  memperbanyak sedekah, menambah jumlah rakaat pada sholat sunnah serta membaca Alquran. Terlihat sederhana, tetapi amalan satu ini memiliki berkah yang luar biasa.

  1. Membersihkan Diri

Ritual mandi memang menjadi kewajiban yang harus dipenuhi bagi kaum adam yang akan berangkat sholat Jumat. Tetapi membersihkan diri juga berlaku bagi kaum hawa yang ingin menambah amalan.

Sebenarnya masih ada banyak amalan yang bisa dilakukan ketika hari Jumat tiba, tetapi yang disebutkan merupakan yang paling banyak dilakukan. Anda juga bisa menggunakan pakaian terbaik saat berangkat Sholat Jumat. Sementara para kaum hawa bisa menunaikan sholat dhuhur awal waktu.