Jarang Diketahui! Ini Manfaat Pohon Waru Bagi Kesehatan

Pohon waru, apa yang Anda ingat tentang pohon ini? Batangnya yang tinggi besar? Atau bunganya yang kuning cerah? Itu memang benar. Namun di samping itu, tahukah Anda kalau waru juga bermanfaat bagi kesehatan?

Ya, meski jarang diketahui tapi manfaat waru tidak bisa dianggap remeh loh. Mulai dari daun, bunga hingga ekstrak kulitnya menyimpan banyak khasiat. Tak ayal jika pohon ini kini menjadi salah satu tanaman obat yang banyak dibudidayakan.

Waru sendiri adalah tanaman dengan nama ilmiah Hibiscus tiliaceus. Merupakan pohon asli Kepulauan Pasifik yang banyak tumbuh di dekat laut, sungai dan lereng gunung.

Secara umum tanaman ini dimanfaatkan untuk pohon peneduh jalan. Namun selain itu, waru juga memiliki beberapa manfaat lain. bagi kesehatan. Yaitu sebagai berikut:

  1. Meringankan Batuk

Ada 2 cara dalam hal ini. Pertama untuk batuk berdahak, yaitu dengan merebus daun waru bersama gula batu lalu diminum. Kedua, dengan mengunyah kuncup segar bunganya. Di mana cara kedua ini berkhasiat untuk batuk kering.

  1. Mengobati Bisul

Bisul ternyata sangat mudah diobati dengan daun waru. Caranya, cukup remas-remas daun waru. Kemudian aplikasikan langsung di atas permukaan kulit yang bisulan. Lakukan secara rutin hingga bisul kempes.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Tidak hanya bisul, waru juga dipercaya dapat mengatasi penyakit kulit lainnya. Terutama dengan daun dan kulit kayu pohonnya yang memiliki sifat anti-bakteri. Kendati demikian, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

  1. Mengatasi Diabetes

Ekstrak metanol dari bunga waru telah terbukti memiliki sifat anti-diabetes dan hipolipidemik. Jadi baik juga digunakan untuk penderita diabetes.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat pohon waru bagi kesehatan. Sangat baik,kan? Meski demikian, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman ini.