Jangan Sembarangan! Berikut Memilih Mainan Anak Laki-Laki yang Sesuai

Anak berusia 6-9 tahun, mengalami masa pertumbuhan yang pesat. Pada usia ini, anak tertarik pada hal-hal yang baru. Orang tua memegang peranan paling penting dalam mengawasi kegiatannya, termasuk bermain. Mainan perlu dipilih sesuai dengan usia anak dengan memperhatikan manfaatnya. Berikut beberapa mainan untuk anak lelaki dengan manfaatnya.

Rekomendasi Mainan Anak Laki serta Kegunaannya

  1. Board Games

Salah satu mainan yang bisa dimainkan oleh anak laki adalah Board Game. Mainan ini terdiri dari berbagai jenis, seperti monopoli, ular tangga, othello, dan catur. Pada umumnya, mainan mengedukasi anak untuk melatih kemampuan dalam mengatur strategi, mengambil keputusan, serta menaati peraturan.

Tidak hanya untuk anak laki, Board Games juga bisa dimainkan oleh anak perempuan. Namun, dalam memainkannya, permainan ini membutuhkan orang lain. Tidak hanya kemampuan strategi, tetapi juga meningkatkan kemampuan bersosialisasi serta berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, Board Games juga bisa mengasah kemampuan mengingat serta menghitung.

Contohnya, apabila anak laki-laki memainkan catur, anak akan terus mengasah kemampuan mengatur strategi dan logika Selain itu, anak juga mempelajari berbagai macam perasaan seperti senang ketika menang dan sedih ketika kalah. Oleh karena itu, permainan papan dinilai lebih bermanfaat daripada permainan lain.

  1. Mainan Seni dan Kreatif

Permainan lain yang cocok bagi perkembangan anak laki-laki adalah mainan seni dan kreatif. Permainan berkaitan dengan kesenian dan kreativitas anak. Contohnya, buku gambar, buku keterampilan serta mainan bongkar pasang dapat mengembangkan kreativitas anak. Di samping itu, permainan ini bisa melatih anak mengekspresikan perasaannya.

  1. Puzzle

Mainan anak laki-laki lain yang juga tidak kalah cocok bagi perkembangan anak lelaki adalah puzzle. Terlebih lagi, apabila anda ingin mengasah kemampuan koordinasi anak menggunakan tangan matanya, puzzle ini pilihan yang tepat dimainkan buah hati anda. Selain itu, untuk menyelesaikannya, anak wajib melatih kesabaran, kecermatan serta memecahkan masalah.

  1. Alat Musik

Tidak hanya permainan, alat musik juga mampu mengasah kecerdasan buah hati. Anda bisa memberikan alat musik ke buah hati, terlebih lagi jika anak menunjukkan ketertarikan kepada musik atau suara-suara. Oleh karena itu, musik bisa menjadi salah satu teman bermain yang menyenangkan baginya.

Apabila sang orang tua mempunyai kemampuan bermain musik yang baik, melatih anak dalam berman musik juga bisa dilakukan. Namun, apabila anak tidak menyukai musik, anda tidak butuh menyuruh anak mendapatkan pendidikan yang formal dalam bermain musik. Hal ini karena apabila dipaksa, alat musik yang sebenarnya menyenangkan akan berubah bagi anak.

  1. Permainan Komputer

Pada umumnya, computer dikenal sebagai pengaruh buruk bagi anak. Namun, penggunaan komputer ini tidak selalu membawa pengaruh yang buruk pada anak. Hal ini karena komputer memiliki banyak permainan yang dapat meningkatkan kemampuan anak. Hal yang utama yaitu orang tua harus memberikan pengertian bahwa ada batasan dalam bermain komputer.

Batasan bermain komputer yang bisa diterapkan pada anak yaitu batas waktu bermain selama satu atau dua minggu sekali. Anda bisa bersepakat dengan anak untuk memutuskan batasan mainnya. Selain itu, usahakan untuk awasi permainan apa saja yang dimainkan oleh anak dan bantulah mereka dalam memilih permainan yang sesuai dengan umurnya dan manfaatnya.

Ada banyak jenis permainan yang bisa digunakan anak untuk bermain. Namun, pemilihannya tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Orang tua perlu memperhatikan manfaat apa saja yang dimiliki mainan anak laki-laki. Mulai dari Board Games sampai dengan Game di komputer di atas, anda bisa menemukannya di toko jual playground anak.