Ayam Lodho Bakar Kuliner Khas Tulungagung yang Mirip Opor

Makanan khas suatu daerah tidak selalu mencerminkan secara khusus ciri khas dari daerah tersebut. Pilihan makanan dari Tulungagung juga tidak memiliki ciri khusus yang mencerminkan daerah Tulungagung. Tidak tersedia pula jenis makanan khusus yang hanya ditemukan di daerah ini. Tapi jangan kecewa dulu. Beberapa jenis makanan yang ditemukan di daerah Tulungagung memang memiliki unsur serupa dengan makanan di daerah lain tapi untuk masalah rasa jelas makanan di daerah ini memiliki cita rasa tersendiri.

 

Salah satu contohnya adalah Ayam Lodho Bakar dari Tulungagung. Ayam ini memiliki penampilan yang sama seperti Opor ayam. Bahkan kebanyakan orang mudah terkecoh dan menyangka bahwa masakan ini adalah Opor ayam biasa. Jadi jangan sedih ketika makanan ini dibawa sebagai oleh-oleh tapi malah disepelekan orang yang menerima oleh-oleh tersebut.

 

Ketika dimakan sebuah cita rasa yang berbeda akan dirasakan begitu kuah masakan bertemu dengan mulut. Untuk para penggemar pedas mungkin makanan ini tidak bisa digolongkan pada makanan pedas karena mungkin bagi mereka tidak terasa. Tapi untuk orang yang lidahnya lebih moderat makanan ini memiliki cita rasa dan perpaduan bumbu yang cukup nendang. Ciri khas Tulungagung terletak pada kombinasi rempah yang sedikit berbeda daripada makanan jenis Opor biasa. Perlakuan terhadap ayamnya juga sedikit berbeda sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.