Kereta Api Way Umpu

Kereta Api (KA) Way Umpu merupakan kereta api yang di buka pertama kalinya pada tahun 2012. Keberadaan kereta api ini awalnya diharapkan dapat mempersingkat perjalanan dari Bandarlampung ke Blambangan Umpu, Way Kanan yang membutuhkan waktu sekitar 7 jam jika menggunakan moda transportasi mobil menjadi 2,5โ€“3 jam dengan kereta api.

Namun di lapangan, Kereta Api Way Umpu hanya mampu melayani perjalanan dari Bandarlampung hingga ke Kotabumi, Lampung Utara. Alasannya karena di antara Stasiun Kotabumi dan Stasiun Tulungbuyut terdapat rel menanjak yang dapat membuat kereta rusak parah. Oleh karena itulah pihak pengelola tidak mau memaksakannya.

Satu rangkaian KA Way Umpu terdiri dari 5 kereta yang akan menempuh perjalanan sejauh 86 km. Susunan tempat duduk di KA ini adalah 2โ€“2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 320 orang. Fasilitas yang tersedia adalah dua unit toilet per kereta dan juga AC.

Dalam perjalanannya, kereta api ini berhenti di 12 stasiun sebelum sampai di Stasiun Kotabumi.

Kereta api ini kini sudah dikembalikan ke Jawa dan dioperasikan bersama kereta api Seminung sebagai kereta kelas bisnis ex Limex Sriwijaya. Pengembalian Kereta Api Way Umpu dilakukan karena banyak masalah yang kerap terjadi pada rangkaiannya, seperti sering mogok, pintu otomatis yang sering tak berfungsi, serta AC yang kurang dingin.