Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai Yang Perlu Kamu Tahu

Epoxy adalah salah satu solusi terbaik untuk tampilan lantai yang cantic tapi tetap terjaga dari berbagai gesekan atau tekanan barang berat. Cat epoksi lantai lebih banyak dipakai pada area komersil dan fasilitas industry saja. Sekarang ini, cat epoksi lntai juga sudah mulai dipakai pada perumahan dan residential. Mengaplikasikan cat epoksi lantai juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.ย  Jika kamu mau memakai cat epoksi lantai harus tahu dulu kelebihan dan kekurangannya apa saja jadiย  keputusan bisa dilakukan tanpa menyesal. Kamu juga harus tahu juga apa itu epoksi dan fungsinya. Cat epoksi lantai akan memberikan efek berkilau dan licin akan mendukung desain interior bangunan yang lebih mewah.

Kelebihan Memakai Lantai Epoxy

Beberapa kelebihan mengaplikasikan cat epoksi lantai yang bisa kamu pertimbangkan lebih dulu adalah sebagai berikut:

  1. Penampilan Indah. Jika dibandingkan dengan tampilan lantai biasa, car epoksi lantai ini akan memberikan tampilan yang lebih terang dan profesional. Desain yang indah dan mengkilap akan memnberikan kesan desain interior yang sangat mewah. Perawatan lantai epoksi juga mudah cukup disapu dan dipel sja.
  2. Harga Terjangkau. Meskipun ada tampilan yang mewah dan estetik tapi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, harga untuk cat epoksi lantai ini sngat murah. Cat epoksi lantai dapat diaplikasikan langsung tanpa proses yang sulit. Masalah harga memang dalah satu keunggulan epoksi lantai.
  3. Daya Tahan Tinggi. cat epoksi selalu mempunyai resistensi tinggi terhadap zat air cair termasuk minyak, peluncur hingga cairan pembersih. Cat epoksi lantai juga tahan dengan panas serta bisa menghatarkan listrik statis.
  4. Durabilitas yang baik. Epoksi ini memiliki waktu pemakaian yang cukup lama. Bisa bertahan untuk jangka waktu hingga puluhan tahun membuat kamu tyidak perlu melakukan perbaikan terlalu sering. Permukaan lantai juga senantiasa rapi dan bagus.
  5. Proteksi Lantai. salah satu kelebihan lain dari epoksi lantai adalab bisa melindungi permukaan lantai dari gesekan bebad berat sekaligus menjaga lantai dari keretakan. Cat epoksi lantai memiliki bakan harderner dan resin yang mrmbuat permukaannya lebih kuat.

Kekurangan Memakai Lantai Epoxy

Sedangkan untuk beberapa kekurangan jika menggunakan car epoksi untuk lantai bangunan kamu adalah berikut ini:

  1. Cat epoksi memiliki tekstur yang mengkilap jadi lantai akan lebih licin terutama yang memiliki basis minyak. Ketika lantai dalam kondisi basah maka bisa cukup berbahaya jadi hindari pakai barang ini di area yang mudah basah.
  2. Persiapan pengerjaan. Lantai bisa saja di bongkar jika dalam kondisi yang tidak baik dalam proses pengerjaannya dan itu akan menimbilkan biaya yang membengkak.
  3. Melibatkan profesional. Bahan dari cat epoksi mengadung racun jadi cukup berbahaya jika salah dipasang oleh karena itu kamu harus melibatkan profesional yang bisa mengerjakan lantai epoksi dengan detail, cermat bahkan rumit.
  4. Sulit diganti. Cat epoksi yang diaplikasikan pada lantai kamu cukuip sulit untuk dilepaskan dan perlu biaya yang tidak sedikit karena harus melibatkan pihak profesional.

Itu dia beberapa kekurangan dan kelebihan lantai epoksi yang harus kamu tapi jika mau menggunakan lantai ini di rumah atau bangunan kamu yang lain. Jika kamu sudah mantab, hubungi pihak profesional untuk membantu memasang lantai epoksi untuk hasil yang sempurna dan kamu juga bisa puas dengan hasil aplikasi resin epoksi di permukaan lantai rumah atau bangunan kalian.

 

ย