Ciri-Ciri dan Karakteristik Ikan Aligator

Ikan Aligator merupakan salah satu jenis ikan hias predator yang saat ini memiliki banyak penghobi di Indonesia. Baik itu jenis ikan aligator gar, aligator spatula ataupun aligator platinum.  Sifat agresif memangsa ikan pakan atau berbagai jenis pakan lainnya membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Ikan Aligator

Ikan aligator atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Aligator Gar Fish memilki nama latin Atractosteus spatula atau Lepisosteus Oculatus Winchell. Di Indonesia sendiri ikan aligator  juga dikenal masyarakat dengan nama ikan buaya. Karena bentuk mulutnya yang mirip dengan biaya aligator.

Ikan aligator berasal dari perairan air tawar dari Amerika Utara. Yang dimana dihabitat aslinya ikan ini bisa dengan mudah ditemukan di danau, muara, rawa termasuk di perairan payau. Suhu yang cocok untuk memelihara ikan aligator adalah pada suhu 20 sampai 25 derajat celcius dengan ph 6 sampai 7.

Ikan aligator juga termasuk dalam ordo ikan moncong panjang. Selain itu kesadahan air dari ikan predator ini dikisaran 15 sampai 20. Selain itu, ikan aligator yang masih anakan juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang kuat di air dengan oksigen yang rendah.

Ikan Aligator Sempat Dilarang Untuk Dipelihara

Jenis ikan predator ini mulai masuk di Indonesia sejak tahun 2000an, walaupun dari warna dan motif yang dimiliki ikan aligator tidak ada keindahan yang dimilikinya. Tetapi penghobi ikan hias predator sangat tertarik dengan keganasan ikan ini saat makan, karena mirip dengan seekor buaya yang memangsa makanannya.

Ikan aligator dan ikan-ikan predator lainnya sempat ada pelarangan untuk dipelihara. Karena ada beberapa kasus yang terjadi penghobi ikan predator yang sudah tidak mau merawatnya, melepas liarkannya ke sungai, danau, rawa atau perairan.  Karena akan mengancam keanekaragaman hayati dari perairan tersebut.