Sudah Tahu Belum Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia?

Tahukah Anda bahwa tukang parkir bukan hanya ada untuk memarkir kendaraan seperti motor dan mobil, namun ada pula pekerjaan tukang parkir untuk memarkirkan pesawat. Tukang parkir pesawat atau Bahasa kerennya adalah marshaller.

Pekerjaan yang satu ini cukup populer di Indonesia, mengingat banyak sekali bandara dan jasa maskapai penerbangan di negara ini. Tentunya intensitas jam terbang dari banyak pesawat inilah yang membuat adanya tukang parkir pesawat menjadi salah satu profesi penting dalam dunia penerbangan.

Faktor Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

Dilansir dari Gajiterbaru.com, kisaran gaji tukang parkir pesawat di megara kita dimulai dari angka 4 juta rupiha hingga 6 juta rupiah tiap bulannya. Tentunya setiap maskapai mematok harga yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa faktor yang membedakan besaran gaji dari seorang tukang parkir pesawat.

Yang pertama adalah kebijakan dari pihak maskapai. Tentunya tiap maskapai yang ada di Indonesia mempunyai kebijakannya masing-masing dalam menggahi karyawannya, termasuk tukang parkir pesawar. Kita tidak bisa menyamaratakan gaji tukang parkir pesawat di maskapai A akan sama dengan di maskapai B.

Yang kedua adalah peraturan dari negara. Gaji dari seorang tukang parkir pesawat juga akan ditentukan dari negara dimana dia akan bekerja. Gaji mereka akan menyesuaikan dengan kemampuan dan peraturan negara tersebut. Di Indonesia juga menerapkan sistem upah minimum yang tentunya akan berbeda dengan negara lain.

Yang ketiga adalah pengalaman. Seperti pekerjaan pada umumnya, semakin tinggi pengalaman seseorang maka akan semakin tinggi pula gajinya. Lama bekerja seseorang juga menjadi salah satu faktor mengapa gaji antar tukang parkir pesawat menjadi berbeda. Dilansir dari Gajiterbaru.com, seorang marshaller yang profesioanl adalah 8-10 juta rupiah tiap bulannya

Tanggung Jawab Tukang Parkir Pesawat

Mengapa profesi ini sangat penting di sebuah bandara? Profesi ini sangat penting untuk keberlangsungan operasional bandara. Menjadi seorang tukang parkir pesawata artinya mampu memberikan arahan yang tepat dan cepat. Sebagai mana tukang parkir pada umumnya, jika suatu tempat tidak mempunyai tukang parkir, maka orang-orang akan parkir sembarangan.

Tugas penting dari seorang tukang parkir pesawat yaitu memandu pilot. Pekerjaan tukang parkir tentunya untuk memandu seseorang dalam memarkir. Jika tukang parkir pesawat, maka dia akan memandu pilot untuk memarkirkan pesawatnya di posisi yang tepat. Tukang parir pesawat juga memastikan bahwa jalur dan area parkir pesawat tidak ada hambatan dari benda apa pun

Tukang parkir pesawat harus bisa bekerja dalam kondisi cuaca apapun. Bahkan hujan lebat dan badai pun tetap harus diterjang. Hal ini karena tukang parkir pesawat mempunyai posisi yang krusial untuk mengatur koordinasi setiap pesawat akan mendarat atau lepas landas. Jika tidak dilaksanakan dengan baik, maka pesawat dapat bertabrakan.

Setia tukang parkir pesawat akan dilengkapi dengan perlengkapan khusus selama bekerja. Mereka akan bekerja dengan menggunakan alat peredam suara untuk mengatasi kebisingan dari suara pesawat, tongkat LED, peralatan APD, jaket neon, dan sepatu keamanan. Tukan parkir pesawat akan berkomunikasi dengan pengendali di bandara sebelum pendaratan.

Tahukah Anda bahwa seorang tukang parkir pesawat memiliki jam kerja hingga 13 jam sehari. Mereka juga hanya boleh memarkirkan lima pesawat setiap harinya. Tentunya pekerjaan mereka merupakan pekerjaan shift antara jam 06.00-19.00 dan 18.00 hingga 07.00.

Lalu apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat? Tentunya terdapat beberapa persyaratan selain tubuh dan jiwa yang sehat. Selain mampu menyelesaikan pendidikan bagaimana cara membaca sinyal, sebaiknya Anda juga tidak bermata minus.