Fungsi Jembatan

Menurut KBBI, jembatan merupakan jalan atau jalur yang terbuat dari kayu, bambu, beton, maupun material lain yang direntangkan di atas sungai, tepi pangkalan, jurang, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah jembatan juga dapat diartikan sebagai penghubung antara titik yang satu dengan titik lain yang dibangun di atas rintangan untuk mempermudah manusia.

Fungsi jembatan ada banyak. Bukan hanya sekadar penghubung yang dapat mempermudah mobilitas manusia, melainkan juga sebagai sarana infrastruktur, alat penyeberangan, hingga meningkatkan perekonomian. Fungsi jembatan yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian tidak terlepas dari fungsi utamanya sebagai alat penyeberangan.

Dengan adanya jembatan, manusia dapat menyeberangi sungai, jurang, dan berbagai jenis rintangan lainnya dengan lebih mudah dan cepat, baik dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan kendaraan. Jembatan membuat manusia tidak perlu lagi bersusah payah menyeberangi sungai dengan menggunakan sampan.

Jembatan juga memungkinkan manusia untuk mengakses tempat-tempat yang dipisahkan oleh jurang dengan waktu yang lebih singkat. Akibatnya, tempat-tempat yang semula sulit untuk diakses menjadi lebih mudah untuk dikunjungi. Hal ini dapat menyebabkan terjadi peningkatan kelancaran arus lalu lintas, terutama di kawasan wisata.

Pasalnya, jembatan tak hanya mempermudah akses, tetapi juga dapat dijadikan daya tarik dari suatu tempat wisata. Oleh karena itulah jembatan juga berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata.