Khasiat dan Manfaat Daun Wungu yang Baik untuk Kesehatan

 

Daun wungu atau daun ungu merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai fungsia ganda. Tanaman ini bukan hanya digunakan untuk menghias suatu tempat saja, namun tanaman wungu bisa digunakan sebagai obat hermal. Bagian yang sering dipakai untuk bahan obat adalah bagian daunnya. Daun wungu mempunyai kandungan glikosida, flavonoid, alkaloi, tannin, saponin, dan banyak kandungan lainnya. Tanaman ini mempunyai tinggi mulai dari 1,5 meter hingga 3 meter. Nama tanaman ini berasal dari warna daunnya yang berwarna ungu.

 

Daun wungu bisa dimanfaatkan untuk mengobat gejala ambeien dan mengatasi sembelit. Daun wungu mempunyai antioksidan yang mampu membuat feses menjadi lebih lunak. Radang yang ada pada anus juga bisa membaik berkat khasiat dari daun wungu. Jika Anda mengalami sakit ambeien ataupun sembelit, maka Anda bisa menggunakan daun wungi dengan cara dibuat dalam bentuk kapsul. Konsumsi kapsul daun wungu ini sehari tiga kali.

 

Selain mengatasi masalah pencernaan, daun wungu juga bisa Anda manfaatkan untuk mencegah kemunculan plak pada gigi Anda. Plak yang muncul pada gigi bisa terjadi karena Anda terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula serta tidak membersihkan area gigi dan mulut dengan baik dan benar. Daun wungu mengandung flavonoid dan tannin yang bisa menghambat glukosa. Kandungan ini yang membuat bakteri tidak bisa tumbuh sehingga plak tidak muncul di gigi Anda. Anda bisa merebus daun wungu dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setelah menggosok gigi.