3 Fakta Unik Danau Baikal di Rusia, Konon Terbesar dan Terluas di Dunia!

Apabila Sungai Amazon di Amerika Selatan terkenal sebagai sungai terpanjang di dunia, maka Danau Baikal di Rusia merupakan sungai yang terdalam dan terbesar. Sungai yang ada di Negeri Beruang Merah ini memang diketahui mempunyai kedalaman mencapai 1.642 meter. Yuk, intip sederet fakta unik lainnya dari Baikal Lake berikut ini.

Fakta Unik Baikal Lake di Rusia

  1. Danau Terdalam di Dunia

Seperti yang telah disinggung di awal, Baikal Lake memang disebut sebut sebagai salah satu danau terdalam yang ada di dunia. Dengan kedalaman maksimal mencapai 1.642 meter, danau ini memiliki volume hingga 23.013 kilometer kubik. Jumlah tersebut setara dengan volume dari lima danau besar yang ada di Amerika Utara. Tidak heran jika disebut bahwa 20% dari air tawar di dunia ada di Baikal.

  1. Danau Tertua

Selain menjadi danau terdalam di dunia, Baikal Lake juga tercatat sebagai danau tertua yang ada di dunia. Karena menurut catatan yang ditemukan, danau tersebut sudah terbentuk sekitar 25 juta tahun yang lalu. Berdasarkan perkiraan, Baikal Lake berawal dari dasar sungai yang mengalami retakan dan getaran. Kemudian beberapa faktor seperti gempa bumi dan batu yang jatuh membentuk sebuah danau.

  1. Galapagosnya Rusia

Danau terdalam dan tertua, Baikal Lake, dikenal sebagai galapagosnya Rusia menurut UNESCO World Heritage Commission. Itu karena ekosistem air tawar yang ada di danau ini termasuk terkaya di dunia. Dimana sekitar 80% dari 3.700 spesies di danau termasuk endemik. Bahkan Baikal Lake menjadi habitat dari satu satunya spesies anjing laut air tawar di dunia.

Menarik sekali bukan fakta fakta mengenai Baikal Lake ini ? Tidak heran apabila danau tersebut sering dijadikan sebagai tempat penelitian tim ilmiah. Apalagi dengan banyaknya keragaman hayati yang dimiliki oleh danau tersebut. Tidak hanya fauna, namun flora yang ada di Baikal juga diketahui mempunyai beragam jenis.