Tips dan Cara Cuci Mobil Sendiri Di Rumah Paling Efektif

Dengan kondisi jalan di Indonesia berdebu dan kotor, setiap mobil dalam proses penggunaan perlu dibersihkan dan dicuci secara teratur. Agar kotoran dan debu yang menempel dapat menghindari jamur dan karat di setiap bagian dan detail pada mobil.

Dibandingkan membawa ke tempat cuci mobil, cuci mobil sering juga dilakukan di rumah. Karena banyak pemilik mobil ingin menghemat uang dan memiliki lebih banyak waktu untuk merawat mobil sendiri.

Namun, mencuci mobil jika tidak dilakukan dengan benar maka bisa membuat mobil tergores dan menurunkan kualitas permukaan cat eksterior pada mobil serta menurunkan kualitas detail lainnya pada mobil.

Oleh karena itu, saat cuci mobil sendiri di rumah, pemilik mobil perlu mengikuti langkah-langkah berikut agar bisa membantu mobil mejadi lebih bersih dan menjaga mobil agar tidak merusak permukaan cat mobil saat mencuci mobil sendiri.

Tips dan Cara Cuci Mobil Sendiri Di Rumah Paling Efektif

 

Parkiran mobil di tempat teduh dan hindari sinar matahari langsung

Jika kamu mencuci mobil langsung dibawah terik matahari, maka bisa menyebabkan permukaan mobil menjadi panas. Sehingga membuat air lebih mudah menguap dan mempersulit proses mencuci mobil.

Karena itu, sebelum mencuci mobil yang terbaik akan memarkirkan mobil ditempat yang teduh dan pastikan kamu mencuci mobil di pagi atau sore hari. Agar matahari tidak terlalu terik sehingga mencegah mobil mengering dengan cepat dan bisa juga membuat air yang kering membuat noda pada permukaan mobil.

Sebelum mencuci mobil pastikan juga jendela sudah tertutup rapatsemua agar air tidak masuk ke dalam interior mobil.

Siapkan perlengkapan dan peralatan untuk cuci mobil

Langkah selanjutnya kamu harus menyiapkan perlengkapan dan peralatan untuk cuci mobil seperti sabun khusus cuci mobil, air bersih, 2 ember, selang, kanebo atau handuk khusus untuk mengeringkan mobil. Kamu juga harus siapkan sarung tangan pembersih khusus mobil, spon berukuran besar dan sikat.

Campurkan sabun dengan perbandingan yang tepat

Jangan gunakan sabun mencuci pakaian atau sabun cuci piring karena sabun ini memiliki kandungan banyak deterjen dan alkalinitas tinggi. Sehingga mudah mempengaruhi lapisan pelindung permukaan cat pada mobil, lama kelamaan jika sering digunakan akan mengurangi warna pada cat mobil. Karena itu, sebaiknya kamu beli sabun cuci khusus mobil untuk mencuci mobil.

Gunakan minimal 2 ember saat kamumencuci mobil, campur air sabun khusus cuci mobil pada ember pertama, campur air dan sabun menggunakan perbandingan yang benar sesuai petunjuk pada kemasan sabut. Ember lainnya diisi menggunakan air bersih.

Gunakan selang air untuk menghilangkan kotoran dan pasir dari mobil

Gunakan selang untuk mencuci lumpur dan kotoran yang menempel di bagian bodi mobil dan lengkungan sekitar roda. Jangan menggunakan selang dengan tekanan yang berlebihan saat menyemprot pada bagian bodi mobil, karena bisa menyebabkan kotoran bergesekan dengan cat dan menghasilkan goresan. Semprotkanlah air dengan arah atas bawah ke seluruh permukaan mobil untuk menghilangkan kotoran dengan maksimal.

Mencuci 4 roda

Roda mobil seringkali merupakan bagian yang paling kotor, jadi ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu sehingga kotoran pada roda tidak terciprat ke bagian lain pada mobil yang sudah dibersihkan.

Pada bagian ini disarankan untuk menggunakan sikat khusus untuk membersihkan lekukan pada bagian roda dan roda.

Jika velg mobil sudah bersih, kamu dapat menggunakan spons untuk membersihkan velg seperti mencuci bodi mobil setelah melakukan penyemprotan kotoran.

Gunakan spons pencuci mobil yang dicelupkan ke dalam sabun untuk membersihkan mobil

Kemudian kamu gunakan spon yang telah dicelupkan ke air sabun dan lap seluruh permukaan bodi mobil. Jangan gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran pada bodi mobil, karena bisa menyebabkan goresan.

Cuci setiap area dan kamu mulai dari atap, sehingga kotoran nantinya akan mengalir dari atas ke bawah. Sehingga kamu tidak akan mencuci dua kali kerja.

Semprotkan air untuk membersihkan sisa sabun

Jika semua permukaan dan seluruh area mobil sudah terkena air sabun, lanjutkan dengan menyemprotkan air menggunakan selang untuk membersihkan sabun pada seluruh area mobil. Pastikan tidak ada sisa sabun yang mengering, karena ini bisa menyebabkan bekas noda.

Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan mobil

Terakhir gunakan handuk bersih dan kering atau kanebo untuk mengeringkan semua permukaan mobil yang telah dicuci. Proses pengeringan ini bermanfaat agar semua permukaan mobil kering dan bisa mencegah terjadinya karat.