Tanpa Aplikasi, Begini Cara Mengembalikan Foto Terhapus Di Hp!

Memulihkan foto yang terhapus di Android bukanlah sesuatu yang mustahil saat ini. Menariknya, pemulihan ini tidak perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Lalu, seperti apa cara mengembalikan foto terhapus di hp tersebut?

Normalnya, foto yang terhapus tidak sepenuhnya hilang dalam sistem android. Foto ini masih tersimpan. Makanya, pengguna tidak perlu repot mencari aplikasi tambahan jika ingin sekedar mengembalikan foto tersebut.

Meskipun begitu, ada syarat yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya dan langkah mengembalikannya? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Syarat Keberhasilan Restore Foto Tanpa Aplikasi

Restore atau mengembalikan file foto yang terhapus bisa berhasil dengan beberapa syarat. Syarat utamanya, durasi terhapusnya foto belum lewat 30 hari di android.

Alasannya, sistem menyediakan tenggat waktu simpan file terhapus selama 30 hari sejak penghapusan. Setelah lewat dari masa tersebut, barulah sistem akan menghapusnya secara permanen.

Syarat selanjutnya, file foto tidak dihapus di folder sampah. Ini harusnya menjadi perhatian bagi pemilik android.

Apabila foto yang tersimpan di folder sampah dihapus juga, otomatis foto ini sudah ditemukan lagi. Alhasil, Anda akan kesulitan dalam mengembalikannya secara manual.

Kemudian syarat lainnya adalah rajin mencadangkan file. Pencadangan ini memungkinkan file tidak hilang sepenuhnya. Melainkan file foto disimpan di tempat yang lebih aman.

Ketika Anda memerlukannya, Anda bisa membuka file pencadangan tersebut. Bisa juga mengembalikannya ke lokasi awal.

Langkah Restore Foto Melalui Google Photo

Seperti dijelaskan di atas jika cara mengembalikan foto terhapus di hp ini tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tetapi, praktiknya menggunakan fitur bawaan dari smartphone.

Namanya adalah Google Photo. Fitur ini memungkinkan foto yang terhapus dapat dikembalikan dalam hitungan detik. Lantas, bagaimana cara mengoperasikannya?

Langkahnya bisa diawali dengan membuka ponsel. Setelah itu, buka aplikasi bawaan bernama Google Photo.

Tekan ikon garis tiga yang berada persis di sudut kiri atas. Jika sudah, ketk ikon tempat sampah/trash. Nantinya, Anda akan menemukan sejumlah foto yang pernah Anda hapus sebelumnya.

Ingat, foto yang tersimpan biasanya masih berada di durasi sebelum 30 hari. Lebih dari itu, foto akan dihapus oleh sistem secara permanen.

Di sini, temukan foto yang ingin dipulihkan. Setelah menemukannya, pilih foto dengan cara menekan dan tahan hingga beberapa detik.

Ketika sudah muncul beberapa ikon di atas layar, pilih ikon tanda panah. Ini artinya bahwa foto sedang dalam proses recovery.

Tunggu prosesnya dan setujui bila muncul jendela untuk konfirmasi. Hasilnya, foto sudah kembali ke tempat penyimpanan sebelumnya di android.

Solusi Jika Foto Terhapus Permanen

Ada kalanya jika foto yang terhapus sudah lebih dari 30 hari dan tidak ditemukan lagi di folder sampah, lantas bagaimana cara memulihkannya? Jika ini yang terjadi, Anda tidak bisa menggunakan cara manual.

Menurut situs efyei, solusi terbaiknya adalah memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini setidaknya dapat melacak seluruh histori penghapusan. Bahkan, menemukan letak foto yang terhapus permanen di dalam sistem.

Sejauh ini, aplikasinya sudah banyak disediakan di Playstore. Di antaranya adalah Deletect Phote Recovery, Dumpster hingga DiskDigger Photo Recovery dan lain sebagainya.

Itulah cara mengembalikan foto terhapus di hp. Apabila file foto terbilang baru dihapus, Anda bisa memilih aplikasi bawaan dari smartphone. Sebaliknya juga sudah terhapus sangat lama, mau tidak mau Anda perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.