Wajib Diketahui: 3 Cara Mengatasi Lupa Password Laptop yang Efektif

Laptop merupakan benda yang bagi sebagian orang bersifat privat, untuk itulah banyak orang menggunakan fitur password untuk menjaga keamanan laptop mereka. Namun, ketika ada waktu mereka lupa passwordnya, maka akan berakibat laptop tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tiga cara mengatasi lupa password laptop yang efektif.

3 Cara Mengatasi Lupa Password di Laptop

  1. Menggunakan Security Question

Ketika anda menggunakan laptop dengan operasi windows 11 versi terbaru, maka anda bisa mendapatkan fitur security question untuk menebak password laptop anda. Dimana ketika awal anda membuat akun windows, anda akan diarahkan untuk mengatur hint password anda. Di sini anda akan diberikan banyak pilihan security question.

Ada banyak security question yang bisa anda pilih atau buat ketika mengatur password untuk laptop. Pada awal pembuatan akun, anda akan diarahkan ke bagian pemilihan security question untuk mengatur fitur ini. Pilihlah security question yang jawabannya langsung merepresentasikan password laptop anda.

  1. Menggunakan Hint

Selain fitur security question yang ada di windows 11 versi terbaru, ada juga pilihan lain yang bisa anda gunakan sebagai petunjuk password, yaitu hint. Ini berbeda dengan security question yang berbentuk pertanyaan, hint ini berbentuk petunjuk singkat password laptop anda. Ini adalah alternatif lain untuk cara mengatasi lupa password laptop anda.

Dengan ini, anda akan lebih mudah dalam menebak atau mengingat password laptop anda tanpa harus mereset password. Lebih lanjut lagi, anda bisa memilih petunjuk yang spesifik atau yang menyangkut password anda. Buatlah password yang bisa dikaitkan dengan petunjuk secara langsung.

  1. Reset untuk Windows 10 versi 1803 ke bawah

Jika anda masih menggunakan windows 10 versi 1803 ke bawah, fitur seperti security question atau hint yang bisa membantu anda menebak atau mengingat password laptop. Dimana hal ini sedikit menyakitkan anda ketika lupa password. Untuk itulah dibutuhkan tindakan langsung seperti mereset sistem laptop.

Hal ini dikarenakan jika laptop yang tidak bisa dibuka karena lupa password, sudah tidak bisa dibuka lagi selain harus di reset. Apalagi jika sampai laptop tidak merespon karena terlalu banyak mencoba password. Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mereset sistem laptop, karena laptop tidak akan bisa digunakan tanpa ada cara mengatasi lupa password laptop yang lain.

Tips Untuk Membuat Password Laptop Mudah Diingat

  1. Menggunakan Kombinasi Angka dan Huruf yang Unik

Kombinasi angka dan huruf yang unik bisa membantu anda untuk mudah mengingat password laptop. Anda bisa dengan kreatif membuat sebuah kombinasi unik, bisa berdasarkan ide spontan atau memang sudah direncanakan. Sebagai alternatif lain, anda bisa menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan anda atau benda-benda yang ada di sekitar.

Selain itu, dengan kombinasi angka dan huruf yang tidak biasa tersebut, kemungkinan akan terpatri lama dalam otak anda. Sebagai contoh, jika laptop anda berwarna putih anda bisa menggunakan kata unik seperti Lapt0p Put1h sebagai password laptop anda. Ini akan memudahkan anda untuk mengingat kata tersebut.

  1. Menggunakan Angka atau Kata yang Spesial

Langkah lain yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi lupa password di laptop adalah dengan membuat password yang berasal dari angkat atau kata tertentu. Alangkah lebih baik untuk anda mengatur password seperti itu sebagai cara mengatasi lupa password laptop yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

Sebagai langkah untuk mengatasi lupa password, anda bisa melakukan tiga hal, yaitu menebak atau mengingat password dengan security question, memakai hint. Jika anda masih menggunakan windows 10 versi 1803 ke bawah, mau tidak mau laptop harus di reset jika lupa password. Dapatkan cara dan trik tentang teknologi dan lifestyle di stophoax.id!