Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis minuman punya banyak keunggulan, seperti modal sedikit, mudah  dan peluang keuntungan besar. Simak cara memulai bisnis minuman supaya Anda nggak salah langkah.

Bisnis minuman kekinian sepertinya tidak pernah habis-habis kepopulerannya. Seperti contoh minuman boba, thai tea, jus yang sudah lama hadir ternyata masih banyak peminatnya dan masih sering muncul inovasi baru baik varian rasa atau penyajiannya.

Jadi bagi yang berminat untuk memulai bisnis minuman kekinian, tidak perlu ragu, karena kesempatan mendapatkan cuan masih terbuka lebar.

Nah jika Anda masih bingung untuk memilih mana minuman yang sedang populer dan bagaimana persiapan modal dan lainnya, bisa simak panduan bisnis minuman kekinian berikut.

Persiapan Awal

Tahap pertama, Anda bisa menyiapkan jenis minuman yang akan dijual. Bisa menggunakan resep sendiri atau untuk skala besar bisa menggunakan jasa pembuatan minuman seperti PT Global Nava Industri.

Keunggulan menggunakan jasa adalah produk dipastikan berkualitas dan bisa memilih berbagai formulasi minuman yang pasti enak.

Berikut ide minuman yang diperkirakan trend tahun 2022 yang bisa Anda buat melalui jasa maklon pembuatan minuman, diantaranya:

Minuman fermentasi rasa

Jenis produk ini seperti yoghurt yang memiliki rasa buah dan original. Biasanya disajikan dengan toping biskuit dan roti. Minuman yogurt yang populer seperti es yakult mango, es yakult melon, es yakult sprite dan es yakult susu original.

Minuman teh

Jenis minuman ini sudah lama hadir dan menyita perhatian pecinta minuman. Mulai dari thai tea, teh madu, bubble tea, teh keju, lechy tea, teh matcha yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis.

Minuman es kopi

Es kopi adalah minuman yang menyegarkan dan bisa bikin tahan ngantuk, sehingga cocok untuk pelanggan yang bekerja di perkantoran yang rawan ngantuk saat jam siang.

Untuk pilihan jenis minumannya tidak perlu bingung, ada Es kopi susu, macchiato, caffe latte, cappucino, dalgona coffee, kopi tarik, kopi karamel dan es kopi thailand.

Masih banyak jenis minuman kekinian yang viral di 2022. Namun yang juga tidak boleh dilewatkan adalah dengan mempertahankan kualitas bahan. Pasalnya saat ini pelanggan sudah lebih perhatian terhadap kesehatan dan kualitas. Jika produk Anda berkualitas, orang lebih mudah membagikannya ke teman mereka melalui media sosial.

Memilih Kemasan Minuman Menarik

Kemasan minuman harus diperhatikan, supaya menarik minat pembeli. Pasalnya kemasan minuman akan dilihat pertama kali, maka nggak heran kalau kebanyakan kemasan bersifat transparan. Sehingga produk minuman akan terlihat jelas dan terkesan menyegarkan.

Tipe kemasan yang diperlukan seperti kemasan gelas dan botol plastik berbagai ukuran. Bahkan untuk tipe minuman jus, saat ini tersedia dalam bentuk standing pouch. Keunggulannya, bisa disimpan dan tidak mudah tumpah jika tidak habis.Jangan lupa untuk memberikan sablon merk minuman Anda, supaya pelanggan semakin mengenal.

Strategi Pemasaran Awal

Pemasaran sangat penting bagi sebuah produk. Anda bisa lihat produk yang sudah terkenal sejak dulu saja, masih sering kita jumpai iklannya baik di tv, media sosial dan di billboard.

Strategi pemasaran minuman bagi pemula yang bisa Anda coba adalah melalui status Whatsapp. Ya, tidak perlu ribet untuk tahap awal. Dengan memanfaatkan koneksi di kontak hp, Anda sudah bisa melakukan pemasaran yang efektif.

Namun tetap harus memperhatikan tampilan iklan. Silahkan buka situs desain online seperti Canva. Disana sudah tersedia ribuan template pemasaran produk seperti minuman yang keren dan kekinian.

Mendaftar di Platform Layanan Pesan Antar

Mendaftar di platform layanan pesan Antar seperti Shopee Food, Go Food atau Maxim Food bisa menjadi media pemasaran yang gratis dan efektif. Apalagi sering tersedia diskon khusus dari platform terkait.