Tutorial Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat Windows yang akan membantu dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pekerjaan yang akan berhubungan dengan angka-angka. Ada banyak fitur dan juga menu yang tersedia pada Microsoft Excel sendiri. Salah satu fiturnya adalah membuat hyperlink yang ada pada Microsoft Excel sendiri dengan fungsi banyak yang akan berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilakukan kedepannya.

Pentingnya Hyperlink di Microsoft Excel

Hyperlink di Microsoft Excel memiliki fungsi untuk membuat pintasan berupa link yang nantinya bisa di klik untuk menuju ke bagian tertentu dalam worksheet maupun digunakan untuk membuka file Excel, Word, Gambar, PDF, Email dan juga situs website yang akan ditambahkan di dalamnya. Adanya hyperlink yang tersedia pada Microsoft Excel, nantinya akan memudahkan untuk mencari beberapa informasi penting atau informasi yang akan dibutuhkan kedepannya.

Hyperlink antas sheet Excel sendiri akan membantu beberapa orang untuk menuju link tertentu atau menuju pada sheet yang sudah ditentukan. Sebagai cotnohnya, bahwa beberapa akunting akan menggunakan hyperlink ini untuk merangkum sejumlah data penjualan yang akan memudahkan dalam mengecek informasi bahkan transaksi yang dibuat.

Tutorial Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Karena pembuatan hyperlink pada Microsoft Excel ini adalah komponen yang penting, maka pahamilah untuk beberapa cara membuat hyperlinknya berikut ini:

  • Pilih cell yang akan Anda sisipkan hyperlink pada Microsoft Excelnya.
  • Pilih tab insert โ€“ Hyperlink atau link.
  • Pilih place in this document.
  • Sesuaikan text to display apabila diperlukan.
  • Type the cell reference kemudian pilih tujuan cell.
  • Pilih sheet tujuan.
  • Kemudian pilih ok untuk menerapkan hyperlink.

Untuk mengetes apakah link yang dibuat sudah menuju pada halaman yang diinginkan, maka Anda sudah bisa menggunakan hyperlink atau link sisipan yang disematkan pada Microsoft Excel sendiri. Selama menyisipkan dan juga membuat link pada Microsoft Excel, maka ada beberapa manfaat yang akan didapatkan.

Anda bisa membuat hyperlink dengan mudah dengan memilih CTRL + K. Membuat hyperlink juga akan membantu untuk menyesuaikan dengan ScreenTip yang akan tampil pada saat kursor akan diarahkan ke object maupun cell yang akan menggunakan hyperlink nantinya. Anda bisa memilih ScreenTip yang ada pada window kemudian tinggal isi screenTip pada window set hyperlink.

Membuat hyperlink juga akan memudahkan beberapa orang untuk membuat identitas atau defined name lebih dari 1 data bahkan sampai dengan banyak data sekalipun. Apabila beberapa orang sudah bisa menggunakan fitur ini, maka Anda bisa mendapat manfaat apalagi menggunakan rumus dan juga fungsi Excel di tingkat lanjut.

Berbagai cara di atas adalah cara yang akan memudahkan banyak pengguna Microsoft khususnya Microsoft Excel untuk memudahkan pekerjaan yang akan dilakukan. Hyperlink ini juga sebenarnya bisa diterapkan dan disisipkan pada banyak Microsoft baik Power Point, Word dan lainnya. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sampai dengan data yang akan disajikan.

Selain informasi terkait membuat hyperlink di Microsoft Excel, Anda juga bisa melakukan berbagai hal pada Microsoft Excel baik menambahkan gambar, menambahkan sheet, menambahkan rumus dan lain sebagainya. Untuk informasi terkait bagaimana cara menggunakan dan mengaplikasikan berbagai fitur dan menu pada Microsoft Excel, maka yang bisa Anda lakukan adalah menemukan informasinya di website teknologi yang lengkap yaitu website Lewatin Aja. Bahkan informasi seputar dunia teknologi pun bisa didapatkan di website tersebut.