Pengelolaan File dan Cara Membuat Folder Baru di Android

Perangkat smartphone sudah menjadi hal yang tentu saja tidak asing lagi bagi banyak orang. Smartphone dengan sistem operasi Android pun menjadi sangat populer karena ย sistem operasi ini digunakan di banyak brand smartphone. Sebagian orang sudah memilikinya dan menjadikannya sebagai media komunikasi hingga media hiburan sehari-hari. Ada juga yang menggunakan smartphone sebagai perangkat untuk bekerja. Kemampuan yang ada di dalam smartphone dengan prosesor atau chipset yang tertanam di dalamnya memungkinkan orang untuk menggunakan smartphone layaknya suatu komputer.

Kemampuan Smartphone

Kemampuan dari smartphone memang mirip dengan komputer. Karena itu, pengolahan file sangat mungkin dilakukan. Ada file gambar, video, hingga file dari Microsoft Word dan Excel yang juga bisa dibuka. Dalam hal ini, anda yang sering menggunakan smartphone untuk bekerja dan transfer data atau file tentu tahu bahwa file itu bisa disimpan. Smartphone benar-benar mirip dengan komputer dengan ruang penyimpanan yang tersedia dan ini bisa cukup besar. Selain itu, biasanya sudah tersedia slot untuk microSD yang bisa dipasangkan.

Proses penyimpanan file pun tidak terlalu berbeda dengan proses ketika anda menyimpan file yang sudah anda kerjakan di suatu aplikasi melalui komputer. Kebanyakan aplikasi untuk editing dan tugas pekerjaan lainnya sudah disediakan akses untuk menyimpan file yang sudah diubah atau diedit dan nantinya anda bisa memilih sendiri akan anda simpan di mana file tersebut, sekaligus untuk menamai file tersebut sesuai keinginan anda agar nantinya mudah juga ditemukan di dalam smartphone android anda.

Cara Membuat Folder Baru

Dalam situasi tertentu, ada kalanya juga anda perlu membuat folder baru. Seperti halnya saat anda menggunakan komputer, file yang ada di dalam smartphone pun sudah tersedia dalam folder-folder tersendiri. Biasanya, setiap aplikasi memiliki foldernya sendiri. Selain itu, mayoritas smartphone yang menggunakan sistem operasi Android pun sudah memberikan folder khusus untuk kategori file, seperti file foto, video, dokumen, dan file lainnya. itu akan langsung ditemukan saat file manager dibuka.

Anda tidak hanya bisa menindahkan dan menghapus file saja. Fungsi utamanya mirip seperti yang ada di dalam komputer pada umumnya sehingga anda bisa mengubah file, menghapus, menambah, menduplikat, dan memindahkan file ke folder lainnya. Dalam hal ini, anda pun bisa membuat folder baru juga. Seperti halnya dalam komputer, ada opsi pembuatan folder baru untuk penyimpanan dan pengelompokan file anda nantinya. Ini cukup mudah dilakukan dan justru tidak banyak proses yang harus anda lalui.

Anda cukup langsung saja membuka aplikasi file manager. Ini akan bisa anda temukan di deretan aplikasi yang ada dan biasanya ini sudah menjadi aplikasi bawaan dari gawai anda. Saat anda sudah membuka file manager itu, anda bisa menentukan lokasi folder baru anda tersebut. Kalau anda memasangkan microSD di gawai anda, anda bisa memilih antara internal storage atau memori internal dan SD card atau external storage. Penamaan ini bisa saja berbeda tergantung pada jenis perangkat yang anda gunakan. Namun, pembagian utamanya selalu sama, yaitu antara memori internal dan juga memori dalam MicroSD yang anda pasang.

Saat anda sudah menentukan hal tersebut, anda akan masuk di dalam penyimpanan tersebut dan anda bisa langsung saja menempatkan folder baru anda. Anda bisa juga membuatnya di dalam folder yang sudah ada dengan cara masuk ke folder yang tersedia terlebih dahulu. Untuk membuat folder, anda cukup menekan titik tiga di bagian pojok atas atau pojok bawah. Di sana, ada opsi add new folder dan itu bisa anda pilih. Setelahnya, anda bisa membuat nama file dan menekan OK. Setelah itu, folder baru pun sudah anda dapatkan. Untuk tahu hal lainnya tentang penggunaan smartphone, itu bisa anda temukan di https://majalahgadget.net/.