Cara Membersihkan Telinga Balita Dengan Efektif

Saat musim dingin, telinga, hidung dan tenggorokan merupakan organ tubuh yang terpengaruh akan cuaca dan mudah terinfeksi. Sehingga orang tua harus mengetahui cara memberihkan telinga balita dengan efektif pada musim ini. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga balita dengan efektif?

Menggunakan Handuk Katun

Telinga anak balita masih cukup kecil, sehingga saat membersihkan, orang tua tidak perlu masuk jauh telalu dalam ke telinga. Ibu hanya perlu mengambil handuk katun tipis yang lembut, sedikit memuntir bagian sudutnya lalu perlahan-lahan memasukkannya ke dalam telinga anak, lakukan gerakan memutar ke arah putaran handuk.

Menggunakan Cutton Bud

Untuk anak balita berusia di atas 3 tahun, orang tua bisa menggunakan kapas atau cutton bud untuk membersihkan telinga anak. Perlu dicatat bahwa kapas/cutton bud yang digunakan harus higienis, diproduksi dari merek dengan jelas dan dengan ukuran yang sesuai untuk anak-anak. Kapas bagian di ujung tusuknya harus lembut dan halus agar tidak melukai area telinga anak.

Orang tua bisa membersihkan telinga anak dengan mudah setelah anak selesai dimandikan. Karena saat anak mandi biasanya kotoran pada telinga lebih mudah untuk dibersihkan karena lebih lembab. Dibandingkan membersihkan telinga saat kondisinya kering.

Sama seperti membersihkan telinga anak menggunakan handuk katun tipis, saat memberishkan telinga anak balita menggunakan cutton bud harus dengan gerakan memutar perlahan dan hati-hati. Pastikan ibu tidak memasukan cutton bud terlalu dalam, karena telinga anak yang masih kecil tidak sedalam orang yang sudah dewasa.