Ampuh! Yuk Cari Tahu 3 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Keras!

Keberadaan kotoran telinga memang tidak bisa dihindari. Kotoran tersebut bisa saja menumpuk dan menjadi keras. Ternyata untuk mengeluarkan merek tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Lantas bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang keras? Yuk intip informasi lengkapnya sebagai berikut!

Cara Yang Benar Saat Membersihkan Kotoran Telinga

  1. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Kebiasaan membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud sebenarnya bukan hal yang baik terutama untuk kotoran yang berada di dalam. Anda malah akan membuat mereka semakin masuk dan menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan. Mereka pun akan menjadi gumpalan yang besar dan mengeras sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Cara paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan obat tetes. Obat tersebut akan melunakkan kotoran dan membawanya keluar. Adapun beberapa cairan yang bisa anda pakai adalah hydrogen peroxide, sterile saline, dan acetic acid. Semuanya bisa didapat dengan mudah di apotek. Cara tersebut juga ampuh dilakukan pada anak anak.

  1. Melakukan Ear Syringing

Bagi anda yang belum tahu ear syringing merupakan teknik yang juga dikenal dengan nama irigasi. Namun cara tersebut hanya bisa dilakukan di dokter THT karena memerlukan alat khusus. Nantinya di dokter akan mengeluarkan kotoran yang mengeras dengan menggunakan irigasi elektrik maupun manual. Keduanya sama sama ampuh untuk mengeluarkan sumbatan di telinga.

Sama halnya dengan obat tetes, cara ini juga ย bisa diaplikasikan pada anak anak. Alat irigasi ini aman untuk mereka dan tidak menimbulkan rasa sakit. Mungkin mereka akan sedikit terkejut namun ujung ujungnya hanya ada rasa sedikit geli saja. Prosesnya tidak memerlukan waktu terlalu lama, namun semuanya tergantung kondisi telinga anda.

Penyumbatan telinga oleh kotoran tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan infeksi. Bahkan dampaknya bisa sampai menyebabkan sakit kepala atau vertigo. Rasanya tidak berlebihan jika anda harus pergi ke dokter untuk membersihkan telinga daripada kondisinya semakin buruk karena terus dibiarkan. Saat kondisinya semakin parah maka biayanya juga semakin mahal.

  1. Pembersihan Manual yang Dilakukan Dokter

Selain menggunakan metode irigasi, dokter juga bisa mengeluarkan kotoran yang mengeras secara manual. Dokter akan menggunakan alat khusus yang menyerupai alat sedot sehingga kotoran tidak akan semakin masuk melainkan tertarik keluar. Proses tersebut hanya boleh dilakukan dokter karena langkah yang salah akan menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

Dokter yang sudah berpengalaman bisa menarik kotoran dengan mudah sehingga prosesnya tidak perlu waktu yang lama. Teknik ini pun aman untuk segala usia karena tidak menggunakan cairan atau alat yang berbahaya. Yang digunakan disini hanya lah penyedot dan alat menyerupai pinset kecil. Semuanya aman selama anda menggunakan dokter yang profesional.

Setelah telinga berhasil dibersihkan, maka anda akan merasa lebih nyaman saat mendengar sesuatu. Rasa sakit yang mungkin muncul di bagian dalam telinga juga akan menghilang karena sumbatan yang keras tidak lagi ada. Setelah cara membersihkan kotoran telinga yang keras ini usai, biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga. Tentu obat tersebut diberikan sesuai dengan kebutuhan saja.

Sejatinya tiga cara yang telah disebutkan tadi sudah umum dilakukan. Namun masih saja ada orang yang gemar menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga yang mengeras. Setidaknya gunakan bantuan obat tetes karena mereka dapat melarutkan kotoran sekaligus menjadi disinfektanย agar tidak terjadi infeksi pada bagian dalam telinga anda.