Cara membersihkan AC

Pemanasan global membuat suhu udara yang semakin hari semakin panas membuat kita ingin selalu menyalakan AC. Namun, supaya kualitas udara di ruangan Anda tetap terjaga, Anda perlu tahu cara merawat dan membersihkan AC di rumah dengan baik. Nah, daripada harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa pembersih AC, tak ada salahnya untuk membersihkannya sendiri di rumah. Ikuti cara membersihkan acara membersihkan AC di bawah ini!

1. Buka penutup AC

Bukalah penutup AC menggunakan obeng. Saat penutupnya sudah terbuka, Anda akan melihat filter AC. Kemudian pastikan apakah ada kerusakan atau tidak di bagian filter AC.

2. Bersihkan filter

Berikutnya adalah membersihkan filter AC. Cara ini dapat Anda lakukan jika tidak menemukan adanya kerusakan pada filter. Gunakan sikat gigi, kuas, lap yang agak basah, atau alat penyedot debu.

3. Melepas filter AC

Lepas filter dari AC, kemudian cuci filter dengan cara direndam. Saat merendam filter AC, Sebaiknya gunakan larutan pencuci khusus.

4. Gosok filter perlahan

Gunakan sikat gigi untuk membersihkan filter dari kotoran yang membandel. Pastikan Anda tidak menggosok terlalu keras karena hal tersebut akan berisiko merusak filter AC Anda.

5. Keringkan filter AC

Keringkan filter AC di tempat yang bersih untuk mencegah kotoran menempel kembali.

6. Bersihkan bagian lainnya pada AC

Gunakan kain lap kering untuk membersihkan sela-sela AC agar bagian tersebut benar-benar bersih dari kotoran.

7. Kembalikan filter ke dalam AC

Pasang filter ke tempat semula dan nyalakan AC untuk mengetes kinerja AC setelah dibersihkan. Jika udara sudah terasa dingin dan segar kembali, ini berarti proses pembersihan telah selesai.

Itulah cara membersihkan filter AC, semoga bermanfaat!