Simak Cara Install Windows 10 dengan USB Flashdisk, Mudah dan Praktis

Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk membawa laptop Anda ke clinic service, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah dan praktis, juga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam. Simak cara install Windows 10 dengan USB flashdisk untuk melakukannya. Sebelum itu, pastikan Anda menggunakan flashdisk yang bisa di-boot agar mempermudah proses instalasi.

Cara Install Ulang Windows 10

Windows ini diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014. Versi ini dikeluarkan oleh Microsoft dengan fitur baru. Edisi satu ini termasuk semua fitur tingkat konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8,8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium.

Download tool terlebih dahulu sebagai media instalasi. Tool ini bisa diunduh di Microsoft Store. Kemudian hubungkan flash disk yang akan Anda gunakan dengan komputer. Lalu buka hasil download. Pilih ‘Ya’ saat Anda diminta untuk mengkonfirmasi perubahan perangkat.

Perhatikan dengan baik cara install Windows 10 dengan USB flashdisk. Setelah itu, nanti akan muncul jendela yang berisi persyaratan lisensi Anda bisa klik ‘Accept’. Karena ingin membuat flashdisk menjadi media instalasi, maka Anda harus memiliki ‘Create installation media (USB flash drive, DVD or ISO file) for another PC. Lalu klik ‘next’.

Selanjutnya, Anda harus mengatur language, edition dan architecture. Pastikan Anda menghapus centangan ‘Use the recommended options for this PC’ terlebih dahulu. Kemudian pilih language, edition dan architecture sesuai PC yang ingin diinstal ulang. Kemudian pilih ‘next’. Selanjutnya, pilih media instalasi yang akan digunakan.

Karena menggunakan flashdisk, maka pilih ‘USB Flash Drive’. Selanjutnya klik ‘next’. Pilih flashdisk yang ingin Anda gunakan, kemudian klik ‘next’. Langkah terakhir, Anda bisa mengklik ‘next’. Tunggu hingga proses menginstal selesai.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Selanjutnya, Jika proses pembuatan media untuk instalasi di flashdisk telah selesai dilakukan, Anda bisa melanjutkan cara install Windows 10 dengan USB flashdisk.ย  Pertama hubungkan terlebih dahulu flash disk ke komputer nyalakan perangkat komputer, kemudian pilih opsi “Boot sebagai USB flash driver”.

Pilih next, lalu klik ‘Instal Now’ dan masukkan ‘product key’. Namun, jika Anda telah menggunakan Windows 10 bawaan, klik tulisan ‘I don’t have a product key’. Pilih versi Windows 10 yang akan diinstal lalu klik next. Anda akan diarahkan ke menu persyaratan lisensi.

Jika ingin melanjutkan, centang kotak ‘I accept the license terms’ dan klik next. Untuk menginstal Windows 10 pilih ‘Custom: install Windows only (advanced)’. Setelah itu akan muncul daftar semua partisi drive di komputer. Anda terlebih dahulu harus mengosongkan semua partisi dari disk.

Setelah menghapus seluruh Driver 0 akan tersisa Driver 0 Unallocated Space, pilih driver tersebut dan klik next. Selanjutnya proses instalasi akan berlangsung Anda perlu menunggu hingga proses selesai dan komputer akan otomatis melakukan restart.

Pastikan juga charger sudah terhubung jika Anda melakukan cara install Windows 10 dengan USB flashdisk. Setelah komputer masuk ke menu pengaturan awal, berarti proses install Windows 10 telah selesai. Anda bisa melakukannya perlahan di rumah tanpa perlu ke tempat service laptop.

Windows 10 merupakan sistem sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bahan dari keluarga sistem operasi Windows NT. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari kecepatan internet yang Anda miliki. Pastikan jaringan internet terhubung lancar dengan PC milik Anda. Selain menggunakan USB, ada berbagai cara aktivasi Windows 10 lainnya yang dapat dilakukan.