Cara Cek Gempa Lewat Aplikasi BMKG Resmi dan Alternatifnya

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) adalah lemaga resmi dari pemerintah Indonesia yang berfokus untuk memberikan informasi tentang kondisi alam di Indonesia dari gempa, cuaca, dan peringatan tsunami.

Untuk mengetahui informasi gempa terbaru, kamu dapat memanfaatkan aplikasi BMKG yang resmi, sehingga kamu tidak akan ketinggalan informasi ketika terjadi gempa baru yang berada di wilayah Indonesia.

Jadi dengan adanya aplikasi BMKG ini akan membuat kamu mendapatkan informasi yang akurat tentang informasi gempa yang terjadi. Jika selama ini kamu cek status atau informasi gempa dari twitter, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat melalui aplikasi yang dimiliki oleh BMKG resmi.

Dikutip dari WartaINET, berikut ini akan kami informasikan tentang cara cek gempa lewat aplikasi BMKG resmi :

Cara Cek Gempa Lewat Aplikasi BMKG

Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih cepat dan terupdate seputar informasi gempa terbaru, maka kamu harus mendownload aplikasi gempa resmi dari BMKG dengan nama aplikasi Info BMKG.

  1. Aplikasi Info BMKG ini bisa kamu download di Android ataupun iOS, untuk link downloadnya cek di bawah ini :

Unduh Aplikasi Info BMKG untuk HP Android

Unduh Aplikasi Info BMKG untuk iPhone dan iPad

  1. Silahkan kamu download aplikasi info BMKG dari link di atas disesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan.
  2. Kemudian cara cek gempa lewat aplikasi BMKG selanjutnya adalah buka aplikasi Info BMKG kemudian kamu masuk ke menu Gempa Bumi.
  3. Di Menu Gempa Bumi kamu bisa mengecek informasi gempa Bumi Terkini, M lebih dari 5 Magnitudo, dan Menu Gempa Bumi yang dirasakan.

Di halaman beranda juga kamu bisa mendapatkan informasi langsung tentang cuaca, gempa bumi terbaru, dan informasi pers.

Untuk navigasi aplikasi info BMKG juga bisa dibilang cukup mudah untuk digunakan, karena selain kamu bisa mengecek informasi Gempa Bumi, kamu juga bisa cek informasi lainya dari menu Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, Cuaca Maritim, Cuaca Penerbangan, Cuaca Berbasis Dampak, Indeks Sinar UV, dan Cuaca Karhutla.

Jadi itulah informasi yang bisa kamu jelaskan tentang cara cek gempa lewat aplikasi BMKG. Tetapi jika kamu rasa informasi dari aplikasi info BMKG kurang lengkap. Maka kamu bisa mencoba beberapa aplikasi cek gempa selain Info BMKG berikut ini.

Daftar Aplikasi Cek Gempa Terbaik di HP Android

Selain aplikasi Info BMKG, untuk pengguna HP Android kamu bisa mencoba beberapa aplikasi cek gempa terbaik lainnya di bawah ini :

1. Magma Indonesia

Aplikasi Magma Indonesia merupakan aplikasi yang dibuat oleh Developer PNS atau lebihtepatnya dari Kementrian ESDM dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi. Sehingga di aplikasi ini akan dijelaskan secara jelas tentang beberapa informasi seperti gerakan tanah, gunung berapi, tsunami dan gempa bumi.

Informasi yang disajika di Magma Indonesia tidak hanya untuk wilayah Indonesia tetapi juga secara internasional.

2. WRS-BMKG

Aplikasi cek gempa bumi selanjutnya adalah aplikasi WRS-BMKG, ini merupakan aplikasi yang memberikan kamu informasi lengkap tentang gempa bumi dengan magnitudo yang lebih dari 5 M. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi tentang peringatan dini tsunami yang terjadi di Indonesia.

3. Info Gempa Bumi

Aplikasi gempa bumi alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Info Gempa Bumi. Aplikasi ini memberikan data gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia yang akan membantu masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap gempa bumi yang terjadi di wilayahnya.