Wajib Tahu, Berikut Cara Pintar Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

Jika dibandingkan dengan negara lainnya, kemampuan bahasa Inggris di Indonesia masih di bawah rata rata dunia. Di negara Asia, Indonesia berada peringkat ke 14 dari 28 negara. Padahal saat ini hampir semuanya membutuhkan bahasa Inggris. Dan berikut cara pintar bahasa Inggris dalam waktu yang cepat, kamu bisa mencoba caranya di rumah.

Mengapa Harus Menguasai Bahasa Inggris?

  1. Menjadi Bahasa Interasional

Mungkin masih banyak yang berpikir mengapa bahasa Inggris begituย  penting dan harus dipelajari. Alasan yang paling umum karena Inggris menjadi bahasa Interasional yang telah diakui seluruh dunia. Berbagai organisasi secara internasional menggunakan bahasa utama Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, Inggris juga menjadi bahasa ekonomi dalam berbagai berita internasional.

Dengan demikian, ketika kamu menguasai bahasa Inggris maka sangat mudah untuk mendapatkan informasi di seluruh dunia. Dibandingkan dengan bahasa lainnya, bahasa Inggris memiliki sumber yang lebih banyak. Semakin banyak sumber yang bisa diperoleh maka semakin besar juga kesempatan mendapatkan pengetahuan lebih banyak.

  1. Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan

Kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing, Inggris terutama akan memiliki nilai plus ketika sedang mencari pekerjaan. Apalagi saat ini semakin banyak pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan tools yang berbahasa Inggris. Kemampuan bicara dua bahasa akan lebih dilirik, sehingga bisa dikatakan jika bahasa Inggris cara untuk menambah nilai pada diri.

Kamu yang ingin mengembangkan jenjang pada karir internasional juga akan lebih terbuka. Tentu saja mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri tidak boleh dilewatkan begitu saja bukan? Itulah mengapa pintar bahasa Inggris dan menerapkannya begitu penting di dunia digital saat ini. Karena akan membuka lebar kesempatan anda berkarir lebih luas.

  1. Membuka Kesempatan Pendidikan Lebih Tinggi

Tidak hanya dalam hal pekerjaan, kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris juga bisa membuka kesempatan untuk pendidikan lebih tinggi. Terutama untuk kamu yang memang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Sebenarnya pendidikan di dalam negeri juga sudah banyak yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Lagipula ada banyak cara pintar bahasa Inggris yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill ini.ย  Sebaiknya kamu meningkatkan skill ini sebelum masuk ke universitas, karena saat sudah kuliah akan lebih banyak mengejar akademis. Apalagi tidak sedikit juga universitas yang salah satu tesya bahasa Inggris. Bisa disimpulkan bahasa Inggris membantu untuk pendidikan yang lebih tinggi.

  1. Bisa Mengikuti Perkembangan Jaman

Zaman yang semakin maju juga harus membuat kita siap dengan sumber daya manusianya. Kenyataan ini yang juga menyadarkan untuk bisa mengikuti alur perkembangan zaman. Bahasa Inggris akan membantu kamu untuk lebih jeli melihat dunia berkembang. Karena kiblat kemajuan dari dunia lebih banyak dari negara yang berbahasa Inggris.

Tidak bisa ditampik juga jika menggunakan bahasa Inggris akan terlihat lebih keren. Inilah juga yang membuat orang yang menggunakan bahasa Inggris dinilai lebih gaul. Saat mempelajari bahasa Inggris, tidak sadar mungkin ada beberapa kata yang akan terbawa saat menggunakan bahasa Indonesia. Tentu kamu tahu, trend campur bahasa satu ini sedang begitu hits.

  1. Lebih Mudah Untuk Belajar

Alasan berikutnya yang membuat kamu harus mempelajari bahasa Inggris yakni mudah untuk belajar. Belajar apapun, mengingat banyak ilmu yang berkembang dari luar negeri. Kemudian diadaptasi atau ditulis kembali dalam bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami secara universal. Sehingga jika kamu ingin mengetahui hal tertentu, sumber bahasa Inggris akan lebih mudah didapatkan.

Cara Mudah Untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

  1. Menonton Film Tanpa Subtitle

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu. Salah satunya yakni dengan menonton film berbahasa Inggris tetapi tanpa menggunakan subtitle. Saat ini juga sudah banyak sekali situs menonton film secara legal. Dengan berlangganan salah satunya, kamu bisa menonton film sepuasnya.

Tidak hanya bisa menjadi hiburan, tetapi juga sekalian bisa belajar bahasa Inggris. Biasanya kita memang akan sangat mengandalkan subtitle agar bisa mengetahui percakapan di dalam film tersebut. tetapi bagaimana jika tidak menggunakan subtitle? Kamu akan berlatih untuk mengerti apa yang diomongkan. Apabila terlalu sulit, kamu bisa menonton dengan subtitle lebih dulu.

  1. Menjadikan Bahasa Inggris Bagian Dari Hidup

Mungkin kamu akan bingung dengan cara satu ini, menjadikan bahasa Inggris menjadi bagian dari hidup kamu. Ada banyak bentuk untuk mengaplikasikan cara satu ini dalam kehidupan sehari hari. Cara pintar dalam bahasa Inggris bisa dimulai dengan mengubah pengaturan smartphone menjadi bahasa Inggris, sehingga kamu akan akrab dengan pengaturan yang menggunakan English.

Istilah istilah di dalam ponsel ini menjadi langkah kecil yang bisa membantumu. Atau kamu juga bisa menginstall kamus bahasa Inggris. Sehingga ketika kamu melihat bacaan atau berita bahasa Inggris kamu bisa langsung mengeceknya saat tidak mengerti. Bagi kamu yang hobi bermain game, kamu juga bisa memahami beberapa kosakata dari game tersebut.

Menjadikan bahasa Inggris menjadi bagian dari hidup akan menjadi pondasi utama untuk kamu bisa meningkatkan skill bahasa Inggris kamu. Kamu bisa menjadikan banyak hal yang ditemui dalam sehari hari sebagai sumber untuk belajar. Tanpa kamu sadari, nantinya kamu sudah belajar banyak dan kemampuan berbahasa Inggris kamu semakin meningkat.

  1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Cara pintar bahasa Inggris berikutnya yakni dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Langkah ini termasuk yang cukup efektif meningkatkan skill kamu selain menggunakan film. Kamu bisa melihat liriknya, kemudian mencoba untuk mengartikannya. Bukan hanya menjadi lebih paham tentang lagunya, kamu juga bisa sekalian belajar.

Dari masing masing lirik yang tersusun kamu akan bisa menggunakannya dalam sehari hari. Mendengarkan musik bukanlah hal yang sulit, banyak orang yang justru tidak bisa jika tidak beraktivitas dengan mendengarkan musik. Langkah simpel yang ternyata memberikan dampak yang besar jika dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan kamu.

  1. Membuat Target

Dengan mencoba beberapa hal yang sebelumnya, keinginan untuk belajar bahasa biasanya akan lebih tinggi. Dan membuat target yang ingin kamu capai akan sangat membantu kamu dalam belajar nantinya. Langkah ini akan membuat progres belajar semakin cepat. Kamu bisa membuat target misalnya menguasai 16 tense bahasa Inggris dalam waktu 2 minggu.

Atau harus bisa menghafal 100 kosakata baru setiap minggunya. Dan target target lainnya yang akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. Kamu juga akan lebih rajin serta bersungguh sungguh agar bisa mencapai target. Pastikan juga kamu tidak akan menurunkan targetmu atau melewatkannya yang membuatnya tidak ada gunanya.

  1. Rajin Berbicara Dengan Orang Asing

Langkah satu ini sudah tidak terdengar mustahil mengingat internet dan teknologi semakin canggih. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang asing yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kamu juga bisa sekalian berlatih dan mempercepat untuk menguasai bahasa Inggris. Kamu harus ingat practice makes perfect atau berlatih akan membuat kamu lebih menguasai.

Berbicara dengan orang asing tidak hanya bisa melatih skill speaking, tetapi juga listening. Jika kamu berkomunikasi dengan chatting maka bisa meningkatkan skill reading dan writing. Kamu bisa memulai pembahasan yang ringan lebih dulu, misalnya membahas hobi. Atau ketika kamu akan posting di sosial media, kamu juga bisa menggunakan bahasa Inggris untuk sekalian belajar.

  1. Belajar dengan Rutin

Jika kamu ingin cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, maka kamu harus rutin dalam belajar. Pastikan kamu benar benar meluangkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam setiap harinya. Kamu bisa membuat jadwal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dengan cara ini, maka setiap hari kamu akan terpapar materi bahasa Inggris.

Dengan begitu kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Saat ini juga sudah banyak materi pembelajaran yang didapatkan secara mandiri. Youtube hingga podcast adalah alat bantu untuk kamu belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan. Cara ini banyak dilakukan bagi mereka yang belajar bahasa Inggris otodidak.

  1. Menggunakan aplikasi Bahasa Inggris

Lagi lagi gadget akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan skill. Aplikasi bahasa Inggris saat ini sudah banyak yang mudah digunakan. Bisa kamu install pada smartphone, sehingga dimana saja kamu tetap bisa belajar. Ada aplikasi yang berbayar dan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Aplikasi bahasa Inggris seperti duolingo atau grammarly misalnya yang banyak digunakan.

  1. Kursus Bahasa Inggris

Apabila kamu sudah menerapkan beberapa cara di atas, tetapi masih belum percaya diri. Tidak ada salahnya untuk kursus bahasa Inggris di Bekasi atau kota lainnya misalnya. Sudah ada banyak lembaga pendidikan non formal yang akan membantu kamu. Jadwal belajar juga akan lebih teratur jika kamu bergabung dengan kursus bahasa Inggris.

Namun memilih yang terbaik bukanlah hal yang mudah, maka kamu harus mencari informasinya lebih dulu. Terutama metode yang digunakan untuk mengajar, sehingga bisa disesuaikan dengan diri kamu. Pastikan juga jika lembaga tersebut memang sudah terpercaya. Jangan lupakan juga untuk memikirkan masalah biaya untuk kursus nantinya.

  1. Jangan Takut Salah

Setelah kamu mengikuti kursus ataupun belajar sendiri, hal yang tidak kalah penting yakni tidak takut salah. Dalam proses pembelajaran salah merupakan hal yang wajar dan sangat normal terjadi. Kamu hanya perlu terus meningkatkan kemampuan tanpa perlu mendengar orang berlebihan. Buktikan juga jika kamu memang mampu untuk mahir dalam berbahasa Inggris.

  1. Sering Menerapkannya

Jika sebelumnya cara pintar bahasa Inggris dengan menggunakan dalam kehidupan, maka setelah kamu bisa harus sering digunakan. Karena bahasa merupakan bagian dari kebiasaan, ketika kamu sudah jarang menggunakannya maka akan mudah lupa. Kamu bisa terus menggunakannya dengan mulai menulis dalam bahasa Inggris.

Kebiasaan kebiasaan kecil dalam berbahasa Inggris akan membuat kamu semakin mahir. Selain itu juga akan lebih pede menggunakan bahasa Inggris dalam bahasa sehari hari. Dalam hal ini, tentu kamu membutuhkan teman atau partner untuk mengimbangi. Kamu bisa bergabung dalam komunitas bahasa Inggris misalnya.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya bukanlah hal yang sulit. kamu hanya butuh kemauan untuk terus belajar dan menaikkan skill kamu. Setelahnya juga harus tetap digunakan sehingga tidak sampai lupa. Saat ini juga sudah banyak kursus bahasa Inggris di berbagai kota yang ada di Indonesia.