Memilih Baju Batik yang Tepat

Batik merupakan bagian dari kekhasan Indonesia. Ini menjadi salah satu warisan budaya Nusantara yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih dijaga sampai saat ini. Batik pun sudah sangat dikagumi oleh banyak orang. Tak hanya di dalam negeri saja, tapi orang dari luar negeri pun mengagumi keindahan batik dengan motif atau pola dan teknik pewarnaan dan pembuatannya.

Batik memang sangat menarik perhatian sehingga tidak heran bila banyak orang yang kemudian senang mengenakan batik. Dalam hal ini, batik pun banyak dibuat menjadi beragam model baju, baik itu untuk baju formal hingga baju untuk kegiatan non-formal sekalipun. Dalam hal ini, ada hal yang tentu perlu diketahui ketika ingin membeli suatu baju batik.

Pertimbangan Kualitas Batik

Batik sangat cocok untuk beragam situasi. Terutama untuk situasi formal, rasanya batik memang selalu bisa dikenakan dalam suatu acara formal dan acara istimewa. Saat bingung untuk memilih baju yang cocok untuk acara istimewa, baju batik menjadi opsi yang tepat. Namun, membeli baju batik bukanlah hal yang mudah.

Tak jarang, baju batik terlihat sangat bagus tapi ternyata tidak demikian untuk kualitasnya. Bila berbicara tentang batik, memang cukup kompleks bila membahas kualitasnya. Keindahan pola dan warna yang ada dalam motif memang penting karena tentu aspek estetik menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Namun karena batik melibatkan proses pembuatan yang tidak sederhana, kualitasnya memang tidak sekedar dinilai dari keindahan motif dan pewarnaannya juga. Setidaknya, orang perlu tahu apakah baju batik itu akan mampu bertahan lama atau tidak karena risiko warna yang luntur akan sangat tinggi bila tidak dipilih secara hati-hati.

Karena itu, setidaknya dalam memilih baju batik, warna yang ada perlu tidak saja terlihat di bagian luar baju saja, tapi juga tetap terlihat di bagian dalam bajunya karena ini menunjukkan proses pewarnaan yang bagus. Setidaknya, proses pewarnannya tidak hanya satu kali saja tapi beberapa kali.

Lalu, kualitas  bahan yang digunakan juga sangat penting.. Selain itu, orang perlu tahu apakah itu baju batik tulis atau batik cap. Dua metode ini umum digunakan walau batik tulis tentu harganya lebih mahal tapi kualitasnya lebih bagus daripada batik cap.

Membuat Baju Batik Sendiri

Ketika memilih baju yang sudah jadi dan siap dipakai, seringkali ada hal yang tidak cocok. Salah satunya adalah ukuran baju. Ukuran baju yang ada sangat terbatas pada ukuran baju yang umum seperti S, M, L, dan XL. Dalam baju batik pun, ukuran ini seringkali umum dijadikan patokan.

Padahal, kalau berpaku pada ukuran itu saja, seringkali ukurannya tidak benar-benar nyaman dikenakan. Karena itu, banyak orang yang memilih juga untuk membuat baju batik. Setidaknya, ukurannya bisa disesuikan dengan bentuk tubuh dan bisa ditentukan juga akan seperti apa model baju tersebut.

Untuk itu, jasa pembuatan dan jasa penjahit memang diperlukan. Jasa pembuatan seragam batik bisa dijadikan pilihan untuk baju batik yang akan digunakan sebagai seragam. Dalam hal ini, anda cukup menyediakan bahan dan  ukuran saja. Kalaupun anda sudah mempunyai desainyna, itu akan sangat membantu dalam proses pembuatan seragam dan baju batik tersebut.

Kalaupun tidak, anda bisa membicarakan dengan pihak penyedia jasda pembuatan baju batik tersebut. Anda bisa memilih jasa pembuatan baju yang memang sudah berpengalaman sehingga pengerjaannya akan sangat bagus dan tidak akan telat.