Apa itu Beasiswa Manfaat dan Juga Jenisnya?

Bagi para pelajar mendapatkan beasiswa adalah hal yang harus dicapai, beasiswa bisa saat sekolah ataupun kuliah. Tidak hanya berhenti saat setelah kuliah usai kuliah juga masih bisa mendapatkannya untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Pengertian beasiswa sendiri adalah tunjangan yang diberikan baik itu pelajar atau mahasiswa yang dapat digunakan sebagai biaya belajar. Meringankan biaya yang ditangguhkan kepada pelajar sehingga dapat meringankan beban juga pelajar dapat mengikuti kegiatan belajar. Untuk jumlah yang diberikan pada pelajar berbeda tergantung lembaga yang memberikan. Kriteria penerima bisa mendapatkan beasiswa secara full, beasiswa sebagian yang biasa disebut partial scholarship dan yang terakhir adalah hanya menunjang proses belajar.

Manfaat Memperoleh Beasiswa

Menerima beasiswa tentu akan mendapatkan keringanan saat berada di jenjang pendidikan. Manfaat bagi penerima yang memperoleh beasiswa adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan keringanan biaya baik sekolah ataupun kuliah

Bagi orang tua dan penerima terbantu karena ada tunjangan yang diberikan sehingga penerima dapat mengikuti proses belajar dengan fokus. Tidak jarang penerima beasiswa banyak yang berprestasi.

  • Bisa ditambahkan pada portofolio

Mendapatkan beasiswa merupakan sebuah kebanggan, karena mendapatkan beasiswa mengikuti tes dengan alur yang panjang. Pesaing yang mengikuti seleksi cukup banyak karena ingin mendapatkan beasiswa jumlahnya ratusan bahkan hingga ribuan. Apabila penerima lolos mendapatkan beasiswa menjadikan suatu prestasi yang membanggakan bukan. Mendapatkan beasiswa dapat dimanfaatkan agar penerima bisa terus berprestasi dna cocok apabila dimasukkan dan dicantukan dalam portofolio.

  • Penerima mendapatkan relasi sesama penerima beasiswa

Penerima yang sudah lulus memiliki banyak agenda dari lembaga beasiswa dan sering mengumpulkan para penerima. Dalam acara penerima mempunyai kesempatan untuk menambah teman dan membangun relasi. Mendapatkan relasi yang banyak saat kuliah dapat membuat keuntungan di masa depan misalnya dalam jenjang karir. Ditambah lagi penerima beasiswa adalah seseorang yang cukup unggul.

Manfaat bagi Penyalur Beasiswa

Manfaat bagi penerima sudah di bahas dan cukup menarik, lalu manfaat bagi penyalur atau pemberi beasiswa apa? berikut penjelasan dan alasan kenapa banyak lembaga yang menawarkan beasiswa.

  • Dengan memberi bantuan akan meningkatkan kesempatan belajar bagi penerima. Semakin banyak yang menjalankan jenjang pendidikan maka Sumber Daya Manusia juga semakin meningkat. Biaya pendidikan sekarang sudah termasuk mahal, sehingga banyak pihak yang terpaksa berhenti karena tidak mampu membayar biaya sekolah. Sehingga banyak lembaga terutama pemerintah yang memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa.
  • Mencari dan menjaring talenta yang paling baik sedari awal. Beberapa lembaga yang memberikan bantuan beasiswa memiliki persyaratan untuk bekerja atau magang pada penyedia beasiswa, dari sini lembaga dapat melihat calon karywan yang unggul.

Jenis-Jenis Beasiswa

Beasiswa sendiri memiliki beberapa jenis seperti beasiswa yang diberikan kepada penerima sesuai dengan cakupan, cakupan beasiswa yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Beasiswa penuh berarti mencakup semua biaya yang dibutuhkan saat menjalankan pendidikan. Sedangkan parsial hanya mencakup sebagaian saja tidak penuh, sehingga penerima perlu mengeluarkan biaya saat belajar.

Jenis beasiswa digolongkan sesuai pemberi yaitu ada beasiswa pemerintah, beasiswa yang diberikan swasta, beasiswa secara internasional, dan juga beasiswa organisasi. Untuk beasiwa sesuai dengan tujuan ada beberapa jenis seperti beasiswa penghargaan, ada beasiswa yang diberikan untuk banuan, ada pula beasiswa non-akademik, penerima juga bisa mendapatkan beasiswa untuk penelitian, dan beasiswa ikatan dinas. Dari penjelasan banyak manfaat yang diberikan apabila mendapatkan beasiswa sehinga banyak yang berbondong-bondong daftar beasiswa.