5 Aksesoris Berbahaya Dalam Mobil

Sebisa mungkin hindari aksesoris berbahaya dalam mobil berikut ini, meskipun bisa membuat kendaraan terlihat lebih bagus, namun sebaiknya jangan gunakan, ini dia daftarnya :

1. Karpet mobil

Karepet mobil adalah aksesoris mobil yang sering digunakan oleh pemilik mobil baru untuk digunakan alas kaki agar mobil tidak kotor. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak hati-hati dan cenderung memilih karpet murah berkualitas rendah berbahan plastik keras.

Potongan karpet alas kaki murah juga sering salah sehingga tidak sesuai dengan lantai kendaraan. Jika tidak dipasang dengan benar, permadani atau keset seperti itu bisa sangat berbahaya.

2. Lampu warna-warni

Anda mungkin pernah menjumpai pemilik mobil yang menambahkan lampu warna-warni di bagian depan dan belakang seperti kendaraan mainan. Namun memasang lampu full color yang menyala dan menyala di dalam mobil bisa sangat berbahaya karena mengurangi intensitas penerangan jalan di depannya. Kedipan lampu juga sangat mengganggu konsentrasi dan pandangan pengendara lain yang bisa membahayakan.

3. Sarung setir

Sarung setir memang bisa memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Namun, beberapa penutup setir murah tidak didesain dengan baik sehingga mengganggu kenyamanan saat memegang setir. Padahal penutup roda kemudi telah didesain sangat ergonomis dengan memperhatikan ketebalan genggaman tangan dan jari sehingga Anda dapat mengendalikan mobil dengan baik.ย  sarung setir yang tidak pas dapat menyebabkan tangan terpeleset saat berbelok dan membuat kendaraan kehilangan kendali.

4. Kenop setir

Sama halnya dengan steering holster, kenop yang menempel di setir juga berbahaya saat digunakan. Tombol kemudi ini umumnya digunakan untuk memutar setir dengan cepat dan mudah meski hanya dengan satu tangan. Justru keberadaan setir ini sangat berisiko menimbulkan kecelakaan, karena kedua tangan tidak dalam posisi siap mengendalikan setir.

5. Bumper besi

Penggunaan bumper metal atau bull bar hanya diperuntukkan bagi kendaraan off-road untuk melindungi bumper. Memaksanya untuk dipasang di kendaraan on-road sebenarnya berbahaya. Pasalnya, bumper berbahan metal tidak didesain untuk mendukung fitur keselamatan mobil seperti sensor airbag dan zona benturan.